Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kapal tol laut sedang melakukan kegiatan muat di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Kapal tol laut sedang melakukan kegiatan muat di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Kemenhub Pastikan Terus Jalankan Program Tol Laut

Rabu, 16 September 2020 | 11:57 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berkomitmen terus menjalankan operasional tol laut terutama di masa pandemi Covid-19 ini.

"Program tol laut, kapal perintis, kapal ternak akan terus kita jalankan. Kita paksa supaya tetap terus berjalan baik. Kami tetap berjalan di seluruh Indonesia, jalur-jalurnya manapun kita lakukan penugasan dan tetap berjalan," kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub R Agus H Purnomo dalam diskusi secara virtual di Jakarta, Selasa (15/9).

Pihaknya pun berencana untuk menyesuaikan rute-rute tol laut guna mendongkrak tingkat keterisian kapal. Pasalnya, selama ini muatan balik yang kosong masih menjadi kendala dalam operasional tol laut.

Agus juga mendorong supaya kemudahan-kemudahan bisa dilaksanakan. Karena itu, jemput bola ke pusat-pusat industri dilakukan secara lebih fleksibel.

"Sekarang kita harus dorong industri supaya tetap bisa melakukan kegiatan dengan baik, dari perikanan dan pertanian juga, supaya nanti kapal yang terutama di daerah terpencil, terpinggir, terluar bisa muatan baliknya ada. Sekarang ya mulai tumbuh tapi belum terlalu signfikan," sebut Agus.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Capt. Antoni Arif Priadi menyebutkan, pihaknya akan lebih intensif berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, serta Badan Pusat Statistik untuk membantu dan mendapat gambaran arus pusat logistik yang tepat guna mendorong efektivitas program tol laut.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN