Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menhub di sela pembukaan pameran sayembara desain bandara di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang pada Kamis (12/9).

Menhub di sela pembukaan pameran sayembara desain bandara di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang pada Kamis (12/9).

Kemenhub Tetapkan Desain 3 Bandara Lewat Sayembara

Thresa Sandra Desfika, Kamis, 12 September 2019 | 23:24 WIB

TANGERANG, investor.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menetapkan desain terminal 3 bandara melalui proses sayembara di kalangan arsitektur nasional. Ketiga bandara yang dimaksud ialah Bandara Ngloram (Cepu), bandara di Karimun Jawa, dan bandara di Sukabumi.

Hasil karya pemenang sayembara masing-masing terminal itu dipamerkan secara umum di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang mulai Kamis (12/9).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan, proses sayembara desain bandara ini bekerja sama dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dengan tujuan memberdayakan kemampuan serta merangsang kreativitas yang lebih lagi dari arsitek-arsitek dalam negeri.

"Ini cara atau proses kita menempa arsitek kita yang memang sudah memiliki kemampuan dan juga merangsang kreativitas bagi arsitek yang lain dan setelah itu memberikan suatu pembelajaran bagi arsitek yang junior maupun mereka yang masih di bangku SMA," ungkap Menhub di sela pembukaan pameran sayembara desain bandara di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang pada Kamis (12/9).

Budi mengaku, hasil karya pemenang bakal dipakai sebagai acuan pembangunan di 3 bandara yang sedang dan akan dibangun Kemenhub. Untuk Bandara Ngloram, dia menyebut, sedang dilakukan land clearing sehingga pembangunan terminal bisa segera dilakukan dan ditargetkan rampung pada akhir 2020.

Adapun bandara di Karimun Jawa, kata Menhub, saat ini sudah ada tetapi akan dikembangkan. Karenanya, bangunan lama bakal diganti bangunan baru dengan hasil desain pemenang sayembara. Proses pengerjaan bandara di Karimun Jawa itu diproyeksikan tuntas pada akhir 2021.

"Untuk bandara di Sukabumi sedang proses pembebasan lahan. Tetapi ditargetkan pembangunannya selesai pada akhir 2022. Dana pembangunan ketiga bandara itu dari APBN tetapi tak menutup nanti didanai dengan skema PPP (public private partnership)," terang Budi Karya.

Budi Karya mengaku, sayembara desain bandara kali ini merupakan yang kedua kalinya setelah tahun lalu juga dilaksanakan sayembara untuk 3 bandara berbeda. Tahun depan, ungkap Budi, Kemenhub bakal kembali mengadakan sayembara desain bandara, terutama untuk bandara-bandara di wilayah Papua.

"Tahun lalu sayembara 3 bandara, tahun ini 3 bandara. Tahun depan mungkin ada beberapa di Papua, ada di Fakfak dan Nabire. Kita bangun juga, sekarang lagi penyelesaian tanah, tahun depan kita mulai dengan sayembara bangunan," papar Menhub.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN