Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Satu rangkaian kereta api di Stasiun Bandung. Foto ilustrasi: Investor Daily/Gora Kunjana

Satu rangkaian kereta api di Stasiun Bandung. Foto ilustrasi: Investor Daily/Gora Kunjana

Kemenhub-KAI Teken Kontrak Subsidi KA Perintis

Thresa Sandra Desfika, Selasa, 28 Januari 2020 | 23:59 WIB

JAKARTA, investor.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama PT Kereta Api Indonesia (KAI) meneken kontrak penyelenggaraan subsidi angkutan kereta api (KA) perintis tahun 2020 senilai Rp 159 miliar pada Selasa (28/1).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan, subsidi perintis angkutan KA ini sangat penting bagi masyarakat karena masih adanya disparitas kemampuan ekonomi di masing-masing daerah.

"Angkutan kereta api juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat tetapi memang masih diperlukan subsidi untuk beberapa keretanya. Tapi ke depannya angkutan massal ini akan sangat mendominasi di kota-kota," jelas Menhub di sela acara penandatanganan subsidi angkutan KA perintis di Jakarta, Selasa (28/1).

Namun demikian, Budi menjelaskan, ke depan  kereta-kereta perintis yang saat ini masih disubsidi bisa menjadi komersial seiring dengan semakin diminatinya oleh masyarakat atas kereta-kereta tersebut.

Menhub Budi Karya Sumadi.
Menhub Budi Karya Sumadi.

Menurut Menhub, selain untuk melayani masyarakat, KA perintis ini juga berfungsi guna meningkatkan konektivitas antardaerah di Indonesia. "Ini sejalan dengan visi misi Kementerian Perhubungan yaitu mewujudkan konektivitas antar wilayah di Indonesia," jelas Menhub Budi.

Oleh karena itu, Menhub Budi meminta, semua pihak terkait khususnya KAI untuk bisa menjalankan tugasnya menyelenggarakan angkutan KA perintis dengan sebaik mungkin. Angkutan keperintisan termasuk KA menjadi tugas negara dan dibiayai dengan dana APBN. 

"Dengan KA perintis ini, diharapkan mampu mendorong konektivitas dan meningkatkan kegiatan ekonomi dan kesejahteraan di daerah yang dilintasi KA tersebut," papar Budi.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Danto Restyanto menyampaikan, kontak subsidi KA perintis kali ini didasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP tahun 2019 tentang Penugasan kepada PT Kereta Api Indonesia untuk Penyelenggaraan Subsidi Angkutan Perintis Tahun Anggaran 2020.

Untuk kontrak kali ini, ada lima KA perintis yang ditandatangani penyelenggaraan untuk subsidinya, yakni KA Cut Meutia, KA Lembah Anai, KA Minangkabau Ekspres, LRT Sumatera Selatan, KA Bathara Kresna.

"Jangka waktu penyelenggaraan kontrak subsidi angkutan kereta api perintis tahun 2020 terhitung mulai 1 Januari sampai dengan 31 Desember 2020," papar Danto.

Menurut Danto, KA perintis diprioritaskan untuk daerah-daerah yang masih baru atau untuk membuka akses daerah menggunakan angkutan kereta api sehingga memudahkan masyarakat untuk beraktivitas dan meningkatkan perekonomian daerah yang dilalui KA perintis.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA