Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Dari kiri ke kanan, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Investasi / Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid dan  Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja, saat dialog Kadin dan Shopee Indonesia

Dari kiri ke kanan, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Investasi / Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid dan Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja, saat dialog Kadin dan Shopee Indonesia "UMKM Indonesia Menuju Pasar Global", di Jakarta, Senin (14/6/2021). Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Kemenkop UKM Upayakan Peningkatan Kemitraan Pengusaha Besar dan UMKM

Senin, 14 Juni 2021 | 20:13 WIB
Arnoldus Kristianus (arnoldus.kristianus@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) terus mengupayakan agar pelaku UMKM bisa bermitra dengan usaha besar. Dengan adanya kemitraan ini diharapkan akan meningkatkan kinerja UMKM.

"Kita ingin mendorong pengusaha besar bermitra dengan UMKM, supaya UMKM gak kalah dan ikut maju," ucap Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam acara Dialog Kadin dan Shopee Indonesia yang berlangsung secara virtual pada Senin (14/6).

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki

Dia mengatakan tingginya jumlah ekspor di Jepang dan Korea terjadi karena UMKM turut berperan dalam rantai pasok di industri negara tersebut. Hal ini penting juga untuk dilakukan di Indonesia bagaimana UMKM bisa menjadi bagian rantai pasok di usaha besar. UMKM berperan menjadi pemasok komponen dari produk yang dibuat usaha besar.

"Undang-Undang Cipta Kerja memungkinkan kemitraan ini, usaha besar akan mendapatkan insentif pajak bila bermitra dengan UMKM," kata Teten.

Dalam hal ini dibutuhkan peran dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) untuk mendorong kemitraan antara pengusaha kecil dan pengusaha besar. Kadin berperan untuk mensinergikan para pengusaha.

"Karena harus ada kemauan dari pengusaha besar untuk membagi sebagian produksinya ke UMKM," kata Teten.

Wakil Ketua Umum Kadin bidang Pengembangan Pengusaha Nasional Arsjad Rasjid
Wakil Ketua Umum Kadin bidang Pengembangan Pengusaha Nasional Arsjad Rasjid

Wakil Ketua Umum Kadin bidang Pengembangan Pengusaha Nasional Arsjad Rasjid mengatakan Kadin Indonesia sebagai rumah pengusaha mencoba membangun hubungan kemitraan baik antara pemerintah dengan pengusaha maupun pengusaha besar dengan pengusaha mikro. Termasuk hubungan pengusaha dengan pekerja karena ini juga memiliki peranan penting.

"Karena ini Indonesia perlu kombinasi baik antar online dan offline," ucap Arsjad.

Mengenai digitalisasi Arsjad menyatakan optimis terhadap digitalisasi UMKM. Hal ini tidak terlepas dari tingginya penjualan produk dari media sosial maupun market place. Namun perlu tetap ada dorongan agar tetap terjadi investasi di sektor digital terjadi.

"Bagaimana melakukan mentoring, supaya investasi digital terjadi. Saya rasa tinggal dorongan itu, semuanya sudha ada tinggal dikerjakan," kata Arsjad.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja menekankan pentingnya sisi pembinaang agar UMKM bisa naik kelas. Pembinaan dan digitalisasi ini akan membuat dampak yang paling besar ke masyarakat yang kurang terlayani seperti yang di desa.  Teknologi sebagai pemerataan kesejahteraan bukan cuma menguntungkan yang di kota besar.

"Jadi aktivitasnya, misalnya programnya yang kita laksanakan bersama pemerintah Jawa Barat untuk pelatihan desa ini menjadi salah satu wujud dimana teknologi membantu yang paling kurang dibantu," ucapnya.

Dengan adanya digitalisasi akan membantu mendorong pemerataan kesejahteraan. Shopee juga melakukan pelatihan di desa misalnya Kampus UMKM di Solo dan Bandung.

"Kita bisa membantu digitalisasi yang penetrasinya masih paling rendah dari sisi digital," ucapnya.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN