Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Produk UMKM. Foto ilustrasi: IST

Produk UMKM. Foto ilustrasi: IST

Kemenkop UMKM akan Gandeng Telkom Tingkatkan Pengembangan UMKM

Arnoldus Kristianus, Selasa, 11 Februari 2020 | 21:49 WIB

JAKARTA, investor.id - Pemerintah terus mendorong agar pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa naik kelas. Salah satunya melalui kerjasama dengan Telkom Indonesia. Kementerian Koperasi dan UKM bersama Telkom akan mengembangkan platform berbasis high technology. Nantinnya platform ini yang akan menjadi sarana pembiayaan terhadap UMKM.

“Kami ingin pendekatannya harus secara masif. Tujuannya usaha yang kecil kdan menengah ini nanti bisa naik kelas dengan rating terutama bankability,” ucap Direktur Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha kecil Menengah (LLP-KUKM) atau Smesco Indonesia, Leonard Theosabrata di Kantor Kemenkop UMKM, Selasa (11/2).

Leonard mengatakan dalam pengembangan UMKM masih terjadi masalah pembayaran (disbursement) untuk akses terhadap pembiayaan. Selama ini masih banyak keluhan bahwa pengusaha UMKM kesulitan untuk mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Menurutnya masih banyak permasalahan belum validnya data penerima kur yang ada. Smesco akan bertugas untuk memvalidasi. Nantinya pihak yang memegang pembiayaan akan bekerjasama dengan Smesco.

“Masing masing bisa menjadi avalish atau penjamin untuk menjamin umkm ini bankable. Sebenarnya ini kepentingan yang luar biasa penting,  kalau tidak mereka akan tetap bertahan di titik itu. Karena salah satu kendala utama UMKM adalah access to finance,” ucap Leonard.

Ia mengatakan pihaknya akan menggarap sektor sektor yang berpotensi untuk dikembangkan. Beberapa diantaranya yaitu fashion dan komoditas. Pihaknya akan melakukan identifikasi secara spesifik. Sehingga sektor yang sudah naik kelas menciptakan lapangan kerja yang dibawah.

“Usaha yang termasuk mikro karena mereka informal. Sektor informal ini ingin kita naikan dan masukan mereka ke sektor formal. yang bisa menciptakan lapanga kerja ya sektor yang lebih besar dari mereka,” ucap Leonard.

Sementara itu Executive Vice President Business Service Telkom, Indrawan Ditapradana mengatakan pihaknya akan bekerjasam dengan Kemenkop UMKM untuk membina dan mengembangkan UMKM. Adapun salah satu kesulitan dalam penyaluran KUR adalah melakukan seleksi sektor usaha mana yang layak mendapatkan KUR. Pihaknya akan bertugas untuk membantu Smesco melakukan profiling terhadap calon debitur KUR.

“Selama ini profiling usaha harus membuat fisik dll suatu saat berdasarkan data transaksi dia seperti apa. Tidak hanya fisik lebih ke data yang sudah dikumpulkan. Termasuk transaksi yang dilakukan calon kreditur,” ucap Indrawan.

Ia mengatakan Telkom sebagai BUMN akan mewujudkan kerjasama tersebut, melalui penyediaan IT Service.  Pembinaan UKM modern tidak akan lepas dari peran IT. Ia menjelaskan, pihaknya akan mendorong terwujudnya 3 Go yaitu, go modern, go digital dan go online.

"Pembinaan UKM modern tidak lepas dari peran IT. Melalui go modern, go digital dan go online. Kerjasama itu akan memajukan dari sisi 3 go itu. Bersama sama kita kembangkan platfrom untuk memajukan Smesco Indonesia.," ucap Indrawan.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN