Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyiapkan akomodasi tambahan bagi 313 tenaga kesehatan yang bertugas menangani pasien terdampak virus corona. Foto: Kemenparekraf

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyiapkan akomodasi tambahan bagi 313 tenaga kesehatan yang bertugas menangani pasien terdampak virus corona. Foto: Kemenparekraf

Kemenparekraf Siapkan Akomodasi Tambahan Bagi Tenaga Medis

Eva Fitriani, Selasa, 14 April 2020 | 18:11 WIB

JAKARTA, investor.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyiapkan akomodasi tambahan bagi 313 tenaga kesehatan yang bertugas di RS Persahabatan dan RSPAD melalui kerja sama dengan industri pariwisata dalam menghadapi wabah virus corona atau Covid-19.

Akomodasi tambahan tersebut terbagi menjadi dua, yakni 239 tenaga kesehatan dari RS persahabatan dan 74 tenaga kesehatan dari RSPAD.

“Tentunya akomodasi yang disediakan bagi tenaga kesehatan diupayakan jaraknya berdekatan dengan RS tempatnya bekerja. Mereka ada yang mendapatkan fasilitas di Mercure Cikini dan mereka yang di RS Persahabatan di Hotel Maxone Jalan Pemuda dengan jarak sekitar 1,7 kilometer,” kata Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya dalam keterangan resminya, Selasa (14/4).

Tidak hanya akomodasi, menurut Nia, segala kebutuhan para tenaga kesehatan selama menjalani menginap juga disiapkan. Mulai dari laundry, makanan, serta shuttle bus setiap harinya tersedia bagi para tenaga kesehatan.

“Kami juga bekerja sama dengan Trac Astra Rent Car untuk transportasi yang telah berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik untuk tenaga medis. Dengan memperhatikan aspek keamanan dan kenyamanan baik untuk para tenaga kesehatan, awak kendaraan, dan juga masyarakat pada umumnya karena menerapkan SOP Sanitasi Hygiene terkait Covid-19," terang dia.

Nia mengatakan, penambahan dukungan ini merupakan permintaan dari pihak rumah sakit mengingat bertambahnya jumlah tenaga kesehatan yang membantu menangani pasien Covid-19.

Sebelumnya, Kemenparekraf bersama dengan Accor Group telah menjalin kerja sama dengan menyediakan 615 kamar yang disesuaikan dengan kebutuhan 4 rumah sakit rujukan Covid-19 di Jakarta. Dengan jumlah kamar tersebut akan menjadi tempat istirahat 1.100 tenaga medis dengan skema kamar mix twin dan single room.

Rincian tenaga medis tersebut adalah 360 tenaga medis dari RSCM yang menginap di 10 kamar single dan 175 kamar twin di Novotel Cikini. Armada transportasinya disiapkan oleh Panorama Group dengan mengoperasikan 4 bus dan 1 minivan.

Kemudian 260 tenaga medis dari RSPAD akan beristirahat di 40 kamar single di Hotel Ibis Senen, dan 110 kamar twin yang terbagi dalam 22 kamar di Novotel Cikini, 37 kamar di Mercure Cikini, dan 51 kamar di Ibis Senen. Transportasi para tenaga medis tersebut disiapkan oleh pihak Blue Bird dengan 6 bus dan 1 minivan.

Sebanyak 250 tenaga medis dari RSPI Sulianti Saroso akan diantar jemput menggunakan 5 bus dan 1 minivan dari Antavaya untuk menginap di Ibis Style Sunter. Dengan ketersediaan kamar sebanyak 50 kamar single dan 91 kamar twin.

Bagi tenaga medis dari RS Persahabatan, terdapat 230 orang yang akan menempati 30 kamar single dan 100 kamar twin di Mercure Cikini. Petugas nantinya juga akan disiapkan transportasi menuju rumah sakit dan hotel dengan 5 bus dan 1 minivan dari perusahaan White Horse.

 

 

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN