Menu
Sign in
@ Contact
Search
BPSDMI Kemenperin mengapresiasi kerja sama Indonesia dan Korsel untuk pembangunan smart factory showcase di PIDI 4.0. (ist)

BPSDMI Kemenperin mengapresiasi kerja sama Indonesia dan Korsel untuk pembangunan smart factory showcase di PIDI 4.0. (ist)

Kemenperin Apresiasi Kerja Sama RI-Korsel untuk Pembangunan Smart Factory

Jumat, 14 Okt 2022 | 12:54 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggelar seminar Indonesia-Korea Smart Factory Promotion Conference. Dalam seminar ini, diteken nota kesepahaman antara Indonesia dan Korsel untuk pembangunan smart factory showcase di Pusat Industri Digital Indonesia 4.0 (PIDI 4.0).

Seminar ini merupakan dukungan kepada program Making Indonesia 4.0” yang disusun Kemenperin dan diluncurkan Presiden Joko Widodo pada 2018. Program tersebut dibuat untuk mengimplementasikan strategi dan Peta Jalan Revolusi Industri 4.0 dengan menciptakan pembangunan PIDI 4.0.

Dalam sambutannya, Ketua BPSDMI Arus Gunawan memberikan apresiasi atas kerja sama dengan Pemerintah Korsel dalam bentuk official development assistance project untuk pembangunan smart factory showcase dan test bed di PIDI 4.0.

"Saya berharap fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan bersama oleh seluruh ekosistem PIDI, masyarakat dan industri untuk pembelajaran, pengujian, dan pembuktian konsep atau proof of concept (PoC) terkait teknologi industri PIDI 4.0," ujar Arus, Jumat (14/10/2022).  

Advertisement

Menurut Arus, kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Indonesia dan Korsel, yang memiliki empat tujuan utama, yakni meningkatkan daya saing industri manufaktur nasional, mendukung pertumbuhan smart manufacturing company, meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) dan menciptakan lapangan pekerjaan di bidang advanced digital technology, serta meningkatkan kerja sama ekonomi antarnegara dan memberikan manfaat langsung kepada industri, penyedia teknologi dan pemerintah.

Oleh karena itu, Arus mengajak para pelaku mitra industri dari technology provider, service provider, industrial zone, dan seluruh stakeholders industri 4.0 untuk berkolaborasi dan berkontribusi dalam mengakselerasi transformasi Industri 4.0 di Indonesia.

"Seluruh kegiatan yang dilaksanakan ini guna mendukung fungsi PIDI 4.0 sebagai solusi satu atap dalam percepatan transformasi industri 4.0 di Indonesia dan menjadi jendela Indonesia 4.0 untuk dunia," ujar Arus.

Seminar ini juga dihadiri Commercial Attache Korean Embassy Chung Keunyong dan para pembicara dari dalam dan luar negeri, antara lain Direktur PIDI 4.0 Tirta Wisnu Permana, Kim Jae Su dari ILJOOGNS, Muhammad Sahrozi (Autonics), Anindia Rahmiwati (Telkomsel), dan Andi Isra Mahyuddin (ITB). 

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com