Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid

Ketum Kadin: Kolaborasi Pemerintah-Swasta Perkuat UMKM

Senin, 3 Oktober 2022 | 21:05 WIB
Novy Lumanauw (novy@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id -- Ketua Umum Kamar Dagang dan Indonesia (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid mengajak kalangan perusahaan besar, pemerintah, dan sektor swasta untuk bersama-sama para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menggerakkan kolaborasi demi memperkuat pertumbuhan UMKM sebagai tulang punggung rakyat Indonesia.

“Kami ingin mengajak semua stakeholder, khususnya perusahaan-perusahaan besar, pemerintah, dan sektor swasta untuk bersama-sama pelaku UMKM menggerakkan kolaborasi demi menguatkan pertumbuhan tulang punggung rakyat Indonesia, yakni UMKM,” kata Arsjad pada peluncuran Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas di Gedung SMESCO Jakarta, Senin (3/10/2022).

Presiden Joko Widodo secara resmi meluncurkan Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas. Hadir pada kesempatan itu, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menkumham Yasonna Laoly, Menteri Koperasi & UKM Teten Masduki, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Arsjad mengatakan, UMKM memerlukan perlindungan karena posisinya sangat rentan dalam situasi saat ini. Sebagai sektor yang mendominasi struktur usaha Indonesia lebih dari 99% dengan jumlah 64,2 juta, UMKM berkontribusi bagi pembukaan lapangan pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Alhamdulillah, ekonomi Indonesia mampu tumbuh 5,4% pada kuartal kedua tahun 2022. Tetapi kita masih harus terus waspada. Saat ini, kita masih menghadapi gejolak perekonomian global, mulai dari konflik Ukraina dan Rusia, yang masih berlangsung sehingga berdampak pada inflasi dan rantai pasok yang menyebabkan krisis ekonomi pangan dan energi,” kata Arsjad.

Di sisi lain, lanjutnya, pertumbuhan ekonomi global akan melambat pada tahun ini dari 5,7% menjadi 2,9%. Perlambatan ini berpotensi menurunkan permintaan dan omzet perusahaan.

“Tantangan ini sangat berdampak pada kelangsungan dunia usaha, terutama UMKM yang masih rentan terhadap gejolak ekonomi,” kata Arsjad.


 

Editor : Nurjoni (nurjoni@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com