Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kilang Cilacap. Foto: IST

Kilang Cilacap. Foto: IST

Kilang Cilacap Terbakar, Pertamina Pastikan Pasokan BBM Aman

Jumat, 11 Juni 2021 | 22:56 WIB
Retno Ayuningtyas (retno.ayuningtyas@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Pertamina (Persero) memastikan pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan gas minyak cair (liquefied petroleum gas/LPG) di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tetap dalam kondisi aman, pasca insiden kebakaran di salah tangki penyimpanan di area Kilang Cilacap, Jumat (11/6) pukul 19.45

Unit Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho mengatakan, kejadian tersebut tidak akan mempengaruhi distribusi BBM dan LPG, khususnya di wilayah Jawa Tengah dan DIY. Pasalnya, pasokan tidak hanya berasal dari Kilang Cilacap.

“Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah memiliki 7 Terminal BBM dan 3 Terminal LPG yang berfungsi untuk memasok kebutuhan BBM dan LPG di Jawa Tengah dan DIY, untuk itu pasokan dan distribusi kepada masyarakat dapat dipastikan aman dan cukup melalui unit operasi tersebut,” kata Brasto dalam keterangan resminya, Jumat (11/6).

Mengacu laman Pertamina, Kilang Cilacap merupakan kilang dengan kapasitas terbesar di Indonesia, yakni mencapai 348 ribu barel per hari (bph). Saat ini kilang tersebut dioperasikan pada kapasitas produksi 270 ribu bph.

Kilang Cilacap bernilai strategis karena memasok 34% kebutuhan BBM nasional atau 60% kebutuhan BBM di Pulau Jawa. Selain itu, kilang ini merupakan satu-satunya kilang di tanah air saat ini yang memproduksi aspal dan base oil untuk kebutuhan pembangunan infrastruktur di tanah air.

Seperti diketahui, kebakaran terjadi pada salah satu tangki Benzene di Kilang Cilacap sejak 19.45 tadi. Sebelumnya, Area Manager Communication, Relations, & CSR Kilang Cilacap PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Hatim Ilwan mengatakan, saat ini masih terus dilakukan upaya pemadaman sisa api di area bundwall. Upaya pendinginan juga masih terus dilakukan untuk mencegah api timbul kembali.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN