Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Edhy Prabowo telah melakukan audiensi dengan beberapa kelompok pelaku usaha kelautan dan perikanan. Foto: IST

Edhy Prabowo telah melakukan audiensi dengan beberapa kelompok pelaku usaha kelautan dan perikanan. Foto: IST

Kilas Balik Kegiatan Edhy Prabowo di Tahun 2019

Ridho Syukra, Rabu, 1 Januari 2020 | 12:43 WIB

JAKARTA, investor.id – Pada tanggal 23 Oktober 2019, Edhy Prabowo resmi dilantik menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) untuk periode 2019-2024.

Sesuai visi Presiden Joko Widodo, Edhy diberikan amanat yaitu membangun komunikasi dua arah dengan stakeholder dan memperkuat sektor perikanan budidaya.

Untuk menjalankan amanat tersebut, berbagai upaya telah dilakukan dalam waktu dua bulan terakhir. Membangun komunikasi misalnya dilakukan dengan berbagai hal mulai dari menerima audiensi, mengunjungi daerah daerah untuk memantau dan mendengarkan masukan langsung, menggelar berbagai macam forum hingga membangun komunikasi dengan dunia internasional melalui kemitraan dengan negara sahabat.

Semua masukan diterima dan dijadikan referensi untuk membuat regulasi dan aturan sehingga bermanfaat bagi ekonomi bangsa.

Edhy telah berdiskusi dengan Asosiasi Koral, Kerang dan Ikan Hias Indonesia (AKKII), Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Perum Perikanan Indonesia (Perindo), Pelaku Usaha Perikanan Tangkap dari Pati-Juwana, Jawa Tengah, Shrimp Club Indonesia (SCI), Petambak Muda Indonesia ( PMI), Asosiasi Pengusaha Pengolah dan Pemasar Hasil Perikanan Indonesia (AP5I), Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia (Ipkani), Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Toba Surimi Industries. Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Perikanan dan Kelautan Indonesia dan Komunitas Masyarakat Maritim Indonesia.

Menteri Kelautan dan Perikanan  (KP) Edhy Prabowo sedang menggelar  Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).
Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Edhy Prabowo sedang menggelar Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

Di samping itu diadakan juga stakeholders Meeting Bidang Perikanan Tangkap dengan sekitar 15 himpunan nelayan. Edhy juga menggelar audiensi dengan stakeholder pergaraman nasional, PT Perikanan Nusantara, Himpunan Mahasiswa Perikanan Indonesia serta Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan.

KKP juga bekerja sama dengan Yayasan Masyarakat dan Perikanan Indonesia dan menggelar pertemuan regional ke-2, Komite Pengelola bersama Perikanan Tuna yang melibatkan tujuh provinsi yaitu Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, NTT, NTB, dan Bali.

Edhy juga terjun langsung ke lapangan untuk menyaksikan potensi kelautan dan perikanan daerah, kondisi stakeholder serta mendengar langsung harapan mereka.

Edhy mengunjugi dua pusat aktivitas perikanan di Pelabuhan Perikanan (PP) Muara Angke dan Pelabuhan Perikanan Samudra Nizam Zachman Jakarta Utara.

Edhy Prabowo telah melakukan audiensi dengan beberapa kelompok pelaku usaha kelautan dan perikanan.  Foto: IST
Edhy Prabowo telah melakukan audiensi dengan beberapa kelompok pelaku usaha kelautan dan perikanan. Foto: IST

Selanjutnya, Edhy menghadiri West Java Festival (WJF) 2019 di Gedung Sate, Bandung untuk mendorong gerakan makan ikan.

Di Palembang, Edhy meninjau pembangunan pasar ikan modern yang dilanjutkan  dengan berdiskusi bersama stakeholder dan diakhiri dengan restocking 50 ribu ekor ikan nilem ke Waduk GOR Jakabaring.

Edhy memimpin Apel Siaga Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) di Pangkalan PSDKP Batam sekaligus bertemu dengan ABK Vietnam.

Edhy mengunjungi provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk meninjau beberapa lokasi yang menjadi titik aktivitas nelayan.

Di Sulawesi Selatan, Edhy melakukan panen udang vaname dan meresmikan 4 unit hatchery milik PT Esaputlii Prakarsa Utama dan Edhy melakukan panen 50 ribu ekor benih udang windu, 100 ribu ekor benih bandeng dan 1.000 ekor benih kakap di laut belakang Balai Perikanan Budidaya Air Payau Takalar di Dusun Kawari, Makassar.

Kegiatan besar tahun 2019 adalah pelepasan ekspor raya hasil perikanan serentak di berbagai daerah di Indonesia dan dilakukan di Teluk Lamong, Jawa Timur.

Edhy Prabowo telah melakukan audiensi dengan beberapa kelompok pelaku usaha kelautan dan perikanan.  Foto: IST
Edhy Prabowo telah melakukan audiensi dengan beberapa kelompok pelaku usaha kelautan dan perikanan. Foto: IST

Edhy juga telah menandatangani Nota Kesepahaman (Mou) kerja sama Kelautan dan Perikanan antara Indonesia da Maroko dan menerima kunjungan Duta Besar Jepang untuk Indonesia.

Kemitraan juga dibangun dengan Tiongkok, Amerika Serikat, Selandia Baru, Norwegia, Prancis, Rusia, Tunisia, India, Singapura dan Korea Selatan.

Bersama General Administration of Customs of China, KKP menandatangani perjanjian kerja sama tentang Jaminan Keamanan dalam impor dan ekspor produk akuatik.

“Paruh akhir 2019, saya sudah lakukan banyak untuk kemajuan KKP dan akan berlanjut tahun 2020,” ujar dia di Jakarta, belum lama ini.

Edhy mengatakan pihaknya juga berencana membentuk Indonesia-Portugal Maritime Forum untuk kemajuan perikanan dan kelautan.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA