Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Mutiara Indonesia (KKP)

Mutiara Indonesia (KKP)

KKP akan Gelar Festival Mutiara di Lippo Mall Kemang

Kamis, 14 November 2019 | 18:29 WIB
Ridho Syukra (ridho.syukra@beritasatumedia.com )

Jakarta, investor.id-Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kembali menyelenggarakan Indonesia Pearl Festival (IPF) pada 21-24 November 2019 di Atrium Lippo Mall Kemang Jakarta. Tahun ini merupakan penyelenggaraan IPF kedelapan dan termasuk pameran bergengsi karena mempromosikan dan mengenalkan mutiara asli Indonesia.

Tema IPF 2019 adalah The Marvelous Indonesian South Sea Pearl dengan mengangkat keunikan dan keindahan mutiara dari Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). “Sulut dipilih karena memiliki Bunaken yang terkenal dengan wilayah budidaya dan produksi kerang mutiara,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (14/11).

Edhy menuturkan, Indonesia merupakan negara penghasil mutiara terbesar kelima di dunia dan termasuk yang diperhitungkan, sementara negara penghasil mutirara terbesar pertama di dunia adalah Filipina. Nilai ekspor mutiara Indonesia dalam setahun mencapai US$ 47 juta dan bisa lebih tinggi bila potensi budidaya mutiara dikembangkan lagi. “Melalui IPF ini bisa memperluas jaringan dan bisnis pemasaran mutiara dengan konsep business to business dan business to consumer,” ujar dia.

KKP telah bermitra dengan Asosiasi Budidaya Mutiara Indonesia (Asbumi) dan mendengar semua masukan terutama kebijakan yang mendorong pengembangan mutiara. Jenis mutiara sangat banyak dan Indonesia mempunyai sebagian besar jenisnya dan sudah diakui dunia. Biasanya, mutiara Indonesia banyak dicari oleh pelaku industi perhiasan dan fashion dunia dan mutiara termasuk ke dalam komoditas unggulan perikanan yang harus didorong. “Mutiara ini harus menjadi kebanggan Indonesia dan bisa menggambarkan kecantikan bawah laut,” ujar dia.

 

 

 

Editor : Tri Listiyarini (tri_listiyarini@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN