Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Hasil Laut. Foto ilustrasi: IST

Hasil Laut. Foto ilustrasi: IST

KKP Dorong Produk Rajungan Jadi Komoditas Andalan Ekspor

Ridho Syukra, Selasa, 21 Januari 2020 | 14:34 WIB

JAKARTA, investor.id - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus mendorong perbaikan mutu Rajungan sebagai salah satu komoditas unggulan ekspor Indonesia.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP Agus Suherman mengatakan, nilai ekspor rajungan termasuk di dalamnya kepiting mencapai US$ 393 juta pada tahun 2019.

Untuk tahun 2020, KKP akan mendorong peningkatan ekspor rajungan, salah satunya rajungan dari Jawa Tengah.

Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu daerah penghasil rajungan. Sampai dengan 21 Januari 2020, sebanyak 161 ton rajungan senilai Rp 30 miliar berhasil diekspor ke Amerika Serikat dan Hong Kong.

Ekspor produk rajungan berasal dari 5 Unit Pengolahan Ikan (UPI) Rajungan yang berada di Kabupaten Demak dan Rembang.

Pangsa pasar rajungan sangat luas mulai dari Amerika Serikat, Tiongkok, Malaysia, Jepang, Singapura, Perancis hingga Inggris.

Saat ini, Amerika Serikat masih menjadi pasar terbesar untuk ekspor komoditas rajungan yang didominasi dengan produk olahan dalam kemasan kedap udara atau kaleng.

Tidak menutup kemungkinan, permintaan akan terus bertambah dari negara lain seperti Tiongkok yang menggemari produk rajungan dalam kondisi hidup, segar dan dingin.

Sementara itu, Jepang banyak membeli produk rajungan yang diolah atau diawetkan tidak dalam kemasan kedap udara.

“Potensi pasar rajungan sangat luas, maka dari itu kami ingin terus dorong produk komoditas rajungan,” ujar dia di Jakarta, Selasa (21/1).

Ia berharap komoditas rajungan mampu memberikan kontribusi besar terhadap target ekspor produk perikanan 2020 sebesar US$ 6,47 miliar.

Salah satu yang menjadi andalan ekspor adalah rajungan, berbagai upaya telah dilakukan untuk pembinaan mutu bagi supplier.

Kegiatan pembinaan tersebut dapat meningkatkan sistem jaminan mutu pada tingkat nelayan, pengumpul dan pemasok bahan baku.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA