Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Beberapa platform digital yang  diajak kerja sama oleh KKP adalah dengan TaniHub Group, Aruna, Grab dan Gojek

Beberapa platform digital yang diajak kerja sama oleh KKP adalah dengan TaniHub Group, Aruna, Grab dan Gojek

KKP Gandeng Platform Digital Pasarkan Produk Kelautan dan Perikanan

Kamis, 20 Agustus 2020 | 09:22 WIB
Ridho Syukra (ridho.syukra@beritasatumedia.com )

JAKARTA, investor.id - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggandeng beberapa platform digital untuk mempromosikan serta mendistribusikan produk-produk hasil perikanan agar lebih mudah dijangkau masyarakat.

Kerja sama ini juga bertujuan untuk mendorong majunya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya di bidang Kelautan dan Perikanan.

Beberapa platform digital yang  diajak kerja sama oleh KKP adalah dengan TaniHub Group, Aruna, Grab dan Gojek, penandatanganan kerjasama dilakukan pada 19 Agustus 2020 bersamaan dengan acara Soft Launching Pasar Laut Indonesia dan Launching Sistem Resi Gudang Ikan.

Edhy Prabowo
Edhy Prabowo

Menteri KKP Edhy Prabowo mengatakan kolaborasi KKP dengan platform digital akan membawa angin segar bagi majunya usaha kelautan dan perikanan Indonesia.

Situasi sekarang sudah berbeda karena sekarang zamannya serba digital, kebanyakan orang sudah memilih berbelanja secara online. Dengan adanya kerja sama ini diharapkan masyarakat mudah dalam memperoleh produk perikanan dan tingkat konsumsi ikan bisa meningkat.

Di samping itu, Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Nilanto Perbowo mengatakan KKP saat ini mempunyai platform Pasar Laut Indonesia sebagai wadah pembinaan untuk para pelaku UMKM bidang kelautan dan perikanan.

Sejauh ini, KKP sudah menyeleksi lebih dari 800 UMKM dari target 2.000 UMKM, salah satu verifikasi terhadap UMKM adalah kualitas produk yang dihasilkan aman dikonsumsi masyarakat sehingga ia optimistis kualitas akan sejalan dengan pasar yang optimal.

“Produk Kelautan dan Perikanan Indonesia harus mendapatkan tempat di rumah sendiri dan sekarang sudah banyak platform online yang bisa diajak kerjasama,” ujar dia di Jakarta, belum lama ini.

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan, sektor kelautan dan perikanan berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi karena Indonesia merupakan negara maritim.

Dengan dukungan koperasi dan UMKM maka sektor kelautan dan perikanan akan terus berkembang ditambah sudah bekerjasama dengan platform digital seperti Grab.

“Kami sangat mendukung usaha KKP dalam memastikan para UMKM khususnya yang memasarkan produk kelautan dan perikanan untuk memiliki akses digital,” ujar dia.

President of TaniHub Group Pamitra Wineka mengatakan kerjasama yang dibangun merupakan milestone dan bukti keseriusan pemerintah dan platform digital untuk mengembangkan sektor perikanan di Indonesia.
Penandatanganan kerjasama antara KKP dan sejumlah platform digital disaksikan juga oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki serta Perwakilan Kementerian Perekonomian.  

 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN