Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Edhy Prabowo, Menteri KKP>

Edhy Prabowo, Menteri KKP>

KKP Jadikan Maluku Lumbung Ikan Nasional

Selasa, 1 September 2020 | 05:13 WIB
Tri Listyarini (tri_listiyarini@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menegaskan akan mewujudkan gagasan Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN) melalui kerja dan program nyata.

Maluku sudah memiliki modal besar, terutama dari kondisi alam nya yang berada di tiga wila yah pengelolaan perikanan (WPP) yaitu 714, 715 dan 718 serta tekad masyarakat untuk menjadikan laut sebagai sumber mata pencahariannya,pemerin tah pusat tinggal melakukan penguatan di bidang yang dibutuhkan daerah.

Edhy mengatakan, Maluku sebagai LIN mer upakan wacana yang realistis untuk diimplementasikan. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memastikan terus menjalin komunikasi yang intensif dengan Pemprov Maluku terkait LIN.

“Presiden mengingatkan hal-hal yang beliau harapkan, yang dulu tidak terlaksana, segera harus Pak Edhy buktikan. Karena itu, kami datang. Lumbung ikan jangan hanya wacana dan jangan terlalu jauh, yang di depan mata ini sudah ada, kita punya Tual, Dobo, Benjina, Ambon," jelas Edhy dalam keterangannya tentang hasil kunjungan kerja ke Ambon, Senin (31/8).

Menteri Edhy menilai, sebagai daerah yang diberkahi potensi perikanan yang luar biasa, Maluku punya segala hal yang dibutuhkan untuk menasbihkan diri menjadi LIN.

“Maluku gudangnya ikan. Saya memulai LIN dengan gerakan langsung. Membangun tidak hanya sekadar jargontetapi membuktikan terjun langsung dengan kegiatan-kegiatan,"jelas dia.

Perubahan status dari Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) ke Politeknik Kelautan dan Perikanan Maluku merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah dalam membangun sektor KP, termasuk menyiapkan Malukusebagai LIN.

Menteri Edhy pun menunjukkan keseriusannya dengan memboyong sejumlah perjabat teras KKP untuk ikut berkunjung ke Provinsi Maluku.

Tujuannya agar mereka mencatat sekaligus mengetahui apa yang dibutuhkan oleh daerah tersebut untuk menuju LIN.

"Kami tidak ingin LIN hanya sekadar simbol. Kami ingin langsung mengimplementasikan sebagai suatu kenyataan," kata Menteri Edhy.

Potensi perikanan di Maluku sebagian besar berasal dari perikanan tangkap. Dengan tiga WPP, potensi perikanannya mencapai 4,60 juta ton (37%) dari 12,50 juta total potensi sumber daya ikan nasional.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN