Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ekspor Ikan

Ekspor Ikan

KKP Lepas Ekspor Perdana Produk Perikanan

Ridho Syukra, (abdul_id)  Selasa, 14 Januari 2020 | 15:28 WIB

JAKARTA, investor.id - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)  melepas ekspor perdana produk perikanan tahun 2020 senilai Rp 13,3 miliar. Tujuan negara ekspor terdiri atas Jepang, Amerika Serikat, Filipina, dan Timor Leste.  

Ekspor perdana dilakukan serentak di tiga lokasi anak perusahaan nasional PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk, PT Suri Tani Pemuka, yaitu di Banyuwangi (Jawa Timur), Medan (Sumatera Utara), dan Cirebon (Jawa Barat).

Khusus di Banyuwangi, ekspor perdana dihadiri Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Indrasari Wisnu Wardhana, dan Kepala Akuakultur PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk Ardi Budiono. Usai pelepasan ekspor dilanjutkan kunjungan ke lokasi budidaya sidat di Bomo, Kabupaten Banyuwangi.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Agus Suherman mengatakan, ekspor perdana produk olahan sidat dengan negara tujuan Jepang, fillet/loin ke Amerika Serikat, olahan tilapia ke Filipina, serta pakan udang ke Timor Leste.

“Pelepasan ekspor produk perikanan ini diharapkan bisa berkontribusi mencapai target ekspor nasional 2020 sebesar US$ 6,47 miliar,” ujar dia di Jakarta, Selasa (14/1).

Menurut dia, pelepasan ekspor perdana tersebut membuktikan bahwa produk perikanan Indonesia digemari. Hal ini juga sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo agar KKP terus meningkatkan ekspor produk perikanan, sehingga dapat menambah devisa nasional.

Ekspor juga dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja dalam negeri serta memberikan efek pada kesejahteraan karyawan serta masyarakat luas.

KKP pun terus mendorong unit pengolahan ikan di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kapasitas dan kinerjanya untuk mendorong ekspor.

Produk perikanan merupakan salah satu sektor andalan ekspor Indonesia untuk mengurangi defisit neraca perdagangan luar negeri.

Ekspor produk perikanan juga mempunyai kapasitas daya angkut yang tinggi, sehingga memberikan nilai tambah.

Kepala Akuakultur PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk Ardi Budiono mengatakan, KKP  terus berkomunikasi dan sinergi dengan pengusaha.

“KKP juga terus mendorong dan memfasilitasi penetrasi pasar, baik yang tradisional maupun nontradisional seperti di Timur Tengah,” kata Ardi.

Produk perikanan Indonesia terus didorong untuk diekspor dan tidak hanya pasar domestik yang dikuasai.

Sementara itu, pada 2019, komposisi ekspor produk perikanan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk terdiri atas 86% produk akuakultur dan 13% produk unggas.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN