Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). (Foto: KKPnews)

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). (Foto: KKPnews)

KKP-WWF Kerja Sama Pengelolaan dan Konservasi Sumber Daya Hayati Kelautan dan Wisata Bahari

Senin, 5 Juli 2021 | 11:24 WIB
Ridho Syukra (ridho.syukra@beritasatumedia.com )

JAKARTA, investor.id - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan yayasan WWF Indonesia tentang Pengelolaan dan Konservasi Sumber Daya Hayati Kelautan dan Wisata Bahari di Wilayah Perairan, Pesisir dan Pulau- Pulau Kecil.

Kerja sama ini merupakan tindak lanjut kesepakatan bersama KKP dengan Yayasan WWF Indonesia yang ditandatangani pada 18 Oktober 2019 dengan nomor 03/SJ-KKP/KB/X/2019 dan Nomor 018/WWF-ID/LGL-MOU-20014/X/FY20/2019 tentang pengelolaan dan konservasi sumber daya kelautan dan perikanan bagi pemanfaatan yang berkelanjutan.

Plt Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut KKP, Hendra Yusran Siry menjelaskan kerja sama ini bertujuan untuk mengelola dan melakukan konservasi sumber daya hayati laut serta wisata bahari secara bersama sama di wilayah perairan, pesisir dan pulau -pulau kecil agar dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan.

Ada beberapa ruang lingkup dalam kerja sama ini, salah satunya adalah dukungan terhadap upaya penetapan kawasan konservasi daerah dan efektivitas pengelolaan kawasan konservasi nasional dan daerah. Pengelolaan dan konservasi sumber daya laut tidak hanya oleh pemerintah tetapi juga didukung oleh peran stakeholder.

“Untuk itu dibutuhkan peran, strategi dan dukungan dari seluruh pihak termasuk dukungan dari mitra pemerintah termasuk WWF Indonesia,” ujar dia di Jakarta, Senin (5/7).

WWF
WWF

Selain dukungan terhadap upaya penetapan kawasan konservasi daerah dan efektivitas pengelolaan kawasan konservasi nasional dan daerah, 4 ruang lingkup kerjasama lainnya meliputi perlindungan dan pelestarian jenis biota laut terancam punah, perlindungan dan pelestarian dan pemanfaatan jenis biota laut yang dilindungi/jenis biota laut yang tercantum dalam appendiks Cites, dukungan terhadap penyusunan rencana zonasi dan materi teknis ruang laut/perairan pesisir pada rencana tata ruang, pelaksanaan kebijakan tata ruang laut dan pesisir serta pelaksanaan kampanye, penguatan kapasitas sumber daya manusia.

Direktur Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut KKP, Andi Rusandi berharap WWF Indonesia dapat membantu pemerintah dalam melakukan upaya konservasi sumber daya laut di Indonesia khususnya mencapai penambahan luas dan pengelolaan efektif kawasan konservasi perairan.

Ketua Badan Pengurus Yayasan WWF Indonesia, Alexander Rusli menyampaikan komitmennya dalam implementasi kerjasama ini ke depan, pihaknya senang bisa berkoordinasi dengan KKP.

Sejalan dengan kebijakan Menteri KKP, Sakti Wahyu Trenggono, kerja sama dengan mitra kerja KKP sebagaimana diatur dalam Permen KP nomor 65 tahun 2016 tentang pedoman kerjasama dan penyusunan perjanjian lingkup KKP.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN