Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar (kiri)

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar (kiri)

KLHK Alokasikan Anggaran Rp 1.01 Triliun untuk Penanganan Covid-19

Kamis, 16 April 2020 | 12:43 WIB
Ridho Syukra (ridho.syukra@beritasatumedia.com )

JAKARTA, investor.id - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1,01 triliun untuk mendukung program Bantuan Sosial atau Bantuan Pemerintah untuk masyarakat yang terkena dampak Covid-19.

Bantuan tersebut akan diserahkan KLHK kepada  masyarakat di dalam dan sekitar kawasan hutan khususnya untuk kelompok tani hutan dan perhutanan sosial kemudian untuk petugas yang mengabdi di bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

Alokasi anggaran ini merupakan hasil dari refocusing kegiatan dan realokasi anggaran yang mendapatkan dukungan dari komisi IV DPR melalui Rapat Virtual.

Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan pihaknya juga melakukan penghematan anggaran hingga Rp 1,58 triliun dalam APBN 2020 sehingga terjadi  perubahan postur anggaran dari Rp 9,32 triliun menjadi Rp 7,74 triliun.

Refocusing kegiatan dan realokasi anggaran merupakan tindak lanjut atas Inpres Nomor 4 Tahun 2020 dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 dan Perpres Nomor 54 Tentang Perubahan Postur dan Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2020.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada pimpinan dan anggota komisi IV DPR atas kerjasama yang baik dan dukungan kepada KLHK untuk meningkatkan kinerja terutama di tengah situasi Covid-19,” ujar dia di Jakarta, Kamis (16/4).

Dalam rapat tersebut, Siti menjelaskan bahwa orientasi refocusing anggaran KLHK lebih mengarah kepada keselamatan masyarakat di tengah Pandemi, keberlanjutan usaha ekonomi kehutanan, konservasi dan hutan sosial, kemudian padat karya, keberlanjutan pelayanan publik dan target kelompok binaan seperti Masyarakat Peduli Api.

Pihaknya juga melakukan pembelian produk herbal/suplemen/madu dari kelompok tani hutan untuk pegawai, tujuannya agar hasil produksi kelompok tani hutan bisa terserap di tengah Pandemi Covid-19.
Refocusing anggaran juga digunakan untuk Kelompok Usaha Perhutanan Sosial dan Pemberian Bantuan Ekonomi Produktif.

KLHK juga melakukan peningkatan kuantitas, kualitas dan aksesibilitas air serta peningkatan kualitas lingkungan hidup, upaya ini dilakukan melalui Kegiatan Pencegahan Pencemaran dan Kerusakan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, penguatan kelembagaan dan pemulihan pencemaran dan kerusakan sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN