Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pesawat Trigana Air tergelimcir. Sumber: BSTV

Pesawat Trigana Air tergelimcir. Sumber: BSTV

KNKT: Mesin dan Roda Bagian Kanan Pesawat Trigana Air Alami Kerusakan

Selasa, 23 Maret 2021 | 21:03 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mendalami dua aspek terkait insiden pesawat Trigana Air registrasi PK-YSF yang tergelincir di landasan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (20/3/2021). Pertama adalah kerusakan mesin pesawat sebelah kanan dan kerusakan roda pendaratan sebelah kanan.

"KNKT akan mendalami terutama dua hal, pertama kerusakan mesin sebelah kanan. Kedua adalah penyebab kegagalan roda mendarat sebelah kanan. Ini yang akan didalami KNKT dalam investigasi," kata Ketua Subkomite Kecelakaan Penerbangan KNKT Nurcahyo Utomo dalam keterangannya, Selasa (23/3/2021).

Dia menjelaskan, pesawat tipe Boeing 737-400F itu terbang sebagai pesawat kargo dengan dua pilot, satu teknisi, dan satu flight operation officer (FOO) dengan tujuan Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar dari Bandara Halim.

"Setelah tinggal landas, dua menit setelah take off, pilot memberitahukan kepada ATC bahwa mereka mengalami kerusakan mesin sebelah kanan. Kemudian pilot memutuskan kembali ke Bandara Halim," ujar Nurcahyo.

Pesawat, papar dia, memutar atau holding 15 menit di atas Bandara Halim dan kemudian mendarat dengan satu mesin. Menurut dia, kondisi ini adalah kondisi sudah sering dilakukan oleh pilot dalam simulator, yaitu terbang dengan satu mesin sehingga penerbangan satu mesin bukan suatu kesulitan bagi pilot

"Kemudian saat mendarat diketahui roda mendarat sebelah kanan mengalami kerusakan. Pesawat berhenti dengan ketiga landing gear patah dan pesawat sudah dievakuasi pada hari Minggu dan dipindahkan dengan ke tempat aman," sebut Nurcahyo.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN