Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Teten Masduki. Foto: IST

Teten Masduki. Foto: IST

HARI KOPERASI KE-73 TAHUN,

Koperasi Selevel Korporasi

Senin, 13 Juli 2020 | 10:48 WIB
Triyan Pangastuti ,Arnoldus Kristianus (arnoldus.kristianus@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id -  Pada peringatan Hari Koperasi Tahun 2016, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melontarkan gagasan “mengkorporasi koperasi”, dengan tujuan agar koperasi bisa lebih memperhatikan aspek bisnis demi mendongkrak sisa hasil usaha (SHU) untuk anggota.

Menkop dan UKM Teten Masduki dalam jawaban tertulis kepada Investor Daily yang diterima di Jakarta, Minggu (12/7) menjelaskan, mengkorporasi koperasi ini bertujuan agar koperasi dapat menangkap peluang-peluang usaha dan berskala ekonomi, sehingga posisi tawarnya sejajar dengan korporasi. Hal ini sudah terjadi di negara-negara maju, seperti di Prancis, Jepang, Inggris, dan Belanda._

“Perlu diinformasikan, pada tahun ini, Kementerian Koperasi dan UKM dan Kementerian Pertanian membuat kesepakatan bersama tentang pengembangan koperasi pangan untuk mendukung pengembangan korporasi petani melalui koperasi.

Perlu juga dijelaskan, indikator kesejahteraan anggota koperasi tidak hanya diukur dari sisi ekonomis dalam hal ini SHU semata, karena koperasi mempunyai 2 dimensi utama yaitu dimensi kelembagaan dan usaha.

Laporan data Koperasi
Laporan data Koperasi

Untuk itu, apabila ada paradigma yang menyatakan anggota sejahtera karena SHU, perlu diluruskan,” imbuhnya._

Sementara itu, The Guardian menyebut, dalam daftar 10 koperasi terbesar di dunia, Prancis menempatkan empat koperasinya di posisi pertama, kedua, keempat, dan ketujuh, yakni Crédit Agricole Group, Groupe Caisse D’Epargne, Confederation Nationale Credit Mutuel, dan E Leclerc (SC Galec). Tiga yang pertama bergerak di sektor banking/credit unions dengan penghasilan (revenue) US$ 103,58 miliar, US$ 58,54 miliar, dan US$ 56,69 miliar; sedangkan yang terakhir di sektor consumer/retail dengan revenue US$ 48,3 miliar.

Berikutnya Jepang menempatkan dua koperasinya dalam daftar top 10, yakni di posisi ketiga Zen-Noh (National Federation of Agricultural Co-operatives) di sektor agriculture / forestry dengan penghasilan US$ 56,99 miliar.

Selain itu koperasi Zenkyoren di posisi kelima, yang juga bergerak di sektor pertanian/kehutanan, dengan penghasilan US$ 52,33 miliar.

Selanjutnya, Jerman menempatkan satu koperasinya di posisi keenam yakni REWE – Zentral-Aktiengesellschaft yang bergerak di sektor barang konsumsi/ritel dengan penghasilan US$ 49,6 miliar. Sedangkan di posisi kedelapan adalah Rabobank Group dari Belanda, yang bergerak disektor banking/credit unions, dengan revenue US$ 43 miliar.

Di posisi kesembilan adalah National Agricultural Cooperative Federation (NACF) dari Korea yang bergerak di agriculture/forestry, dengan revenue US$ 32,39 miliar.

Sedangkan di posisi kesepuluh adalah CHS Inc dari Amerika Serikat yang bergerak di sektor sama, dengan revenue US$ 32,17 miliar.

Diharapkan Jadi Penggerak

Airlangga Hartarto. Foto: IST
Airlangga Hartarto. Foto: IST

Pada kesempatan terpisah, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berharap koperasi ke depan terus menjadi penggerak dan pilar perekonomian. Airlangga Hartarto juga mengucapkan selamat Hari Koperasi Nasional.

 

“Koperasi merupakan tonggak utama pembangunan ekonomi yang berasaskan kekeluargaan, sosial, dan gotong royong. Semoga koperasi Indonesia semakin maju dan terus menjadi penggerak sekaligus pilar perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Mari wujudkan ekonomi rakyat yang berdaulat bersama anggota yang sehat dan koperasi yang kuat,” ujar Airlangga lewat pesannya di akun instagram, pekan lalu. (ns/hg/pd/b1/en)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN