Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi produk PT Sasa Inti. (Dok. Sasa)

Ilustrasi produk PT Sasa Inti. (Dok. Sasa)

Kunci Sukses PT Sasa Inti Tegak Berdiri di Tengah Gempuran Digitalisasi dan Pandemi

Jumat, 15 Juli 2022 | 11:58 WIB

JAKARTA, investor.id - Beberapa tahun terakhir, dunia bisnis bergejolak hebat. Banyak hal yang memengaruhinya, mulai dari pandemi corona sampai dengan digitalisasi besar-besaran. Jika perusahaan tidak melakukan perubahan, bisa jadi tidak akan ada perkembangan yang terjadi, bahkan bisa gulung tikar.

Salah satu contoh perusahaan yang tetap kokoh diterpa berbagai tantangan adalah PT Sasa Inti. Perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 1968 itu tetap mampu menjaga ekspansi usahanya selama masa pandemi Covid. Alih-alih mengalami kemunduran, Sasa semakin menunjukkan taringnya.

Tentu saja, keberhasilan PT Sasa Inti tidak lepas dari peran tim yang bagus serta pimpinan yang cakap dalam bidangnya. Termasuk peran penting dari Dr Rudolf Tjandra yang merupakan CEO sekaligus Presiden Direktur dari PT Sasa Inti. Berkat kepiawaiannya dalam berbisnis, Sasa sekarang sudah menjadi salah satu brand yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Rudolf sendiri sudah memiliki banyak pengalaman dalam dunia bisnis. Ia pernah bekerja di berbagai perusahaan multinasional. Beberapa contohnya PT Softex Indonesia, PT Belfoods Indonesia, Sampoerna, Bentoel, sampai dengan Kvaener AS.

Semakin mengukuhkan kecakapannya dalam berbisnis, pada tahun 2020 lalu, Rudolf juga mendapatkan penghargaan sebagai salah satu CEO terbaik versi majalah SWA, yang merupakan bagian dari Dunamis Organization Service bersama dengan Swanetwork. Sebagai informasi, penghargaan tersebut diberikan kepada para CEO terbaik yang mampu memimpin bisnisnya ke tahapan yang lebih maju lagi.

Dalam sebuah kesempatan, Rudolf membagikan kunci keberhasilan dari PT Sasa Inti bisa berhasil ke tahap sekarang. Yakni dengan melakukan perombakan dan menerapkan sistem turbocharging di dalam proses mengambil keputusan.

Menurut Rudolf, banyak terjadi di lapangan, perusahaan-perusahaan besar cenderung kaku dan lambat dalam mengambil keputusan. Dan hal itu sangat memengaruhi perkembangan perusahaan sendiri.  Tidak hanya itu saja, Rudolf juga mengungkapkan sebenarnya tidak ada strategis khusus bagi sebuah perusahaan untuk bisa menembus pasar yang lebih kompleks atau yang lebih global.

Meski begitu, PT Sasa Inti tidak berdiam diri dan terus melakukan inovasi yang cepat dan mampu beradaptasi untuk menyesuaikan berbagai perubahan yang terjadi di pasar Asia. Di lapangan, perubahan terjadi sangat cepat dalam waktu yang sangat singkat. Supaya perusahaan bisa menembus pasar yang lebih kompleks seperti halnya pasar Asia, harus terus bergerak dengan gesit dan menerapkan jiwa kompetitif yang tinggi.

Pengalaman memang merupakan guru terbaik, salah satu solusi yang ditawarkan oleh PT Sasa Inti adalah perusahaan harus memiliki pemahaman yang tinggi dan mendalam dengan budaya lokal. Hal tersebut juga berlaku untuk perusahaan global. Solusi tersebut perlu dilakukan karena PT Sasa Inti mengerti betul jika konsumen tidak hanya membutuhkan barang untuk memenuhi keinginan fungsionalnya, namun juga secara emosional.

Selain memiliki pemahaman yang tinggi terhadap budaya lokal, perusahaan juga harus memiliki tim lokal dengan SDM berkualitas tinggi. Yakni memiliki integritas yang tinggi, bisa dipercaya, dan mampu berkomunikasi dengan baik dengan para stakeholders. Dengan memiliki berbagai skill tersebut, tim tersebut harus dapat mengkomunikasikan kebutuhan konsumen dengan tepat.

Solusi tersebut juga telah diterapkan oleh PT Sasa Inti untuk menghadapi berbagai tantangan yang terjadi sampai kini. Mereka juga sudah sukses mengubah citra dari Sasa yang dulunya sangat identik dengan perusahaan MSG (monosodium glutamate) menjadi salah satu merek lifestyle terkemuka di Tanah Air.

Sasa juga berhasil mengubah stigma negatif MSG yang sebelumnya dianggap tidak sehat, menjadi produk yang aman untuk dikonsumsi keluarga. Dengan usaha yang gigih, PT Sasa Inti berhasil berevolusi dari merek “kuno” menjadi salah satu brand Kitchen Food Brand Company yang relevan dengan masyarakat Indonesia sekarang ini.  

PT Sasa Inti sudah menemani dan melezatkan masakan keluarga Indonesia lebih dari 50 tahun. Mengusung moto “Sasa Melezatkan”, produk ini jadi salah satu andalan untuk membuat cita rasa masakan jadi lebih menggugah selera. 

Sekarang ini, Sasa juga masih berjaya dengan berbagai produk barunya. Seperti halnya aneka bumbu, kaldu, sambal tradisional, dan lain sebagainya. Dampak digitalisasi juga membuat berbagai produknya bisa didapatkan secara online dengan mudah. Baik secara online di WhatsApp atau berbagai e-commerce Tanah Air. 

Editor : Jayanty Nada Shofa (JayantyNada.Shofa@beritasatumedia.com)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com