Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
ebanyak 139 perusahaan dari pelayaran, kargo dan ekspedisi (EMKL) menghadiri Malam Penganugerahan Pelanggan Pelindo III Sinergi Bersama Membangun Negeri di Hotel Shangri-La Surabaya, Rabu (4/12/2019). Foto:Istimewa.

ebanyak 139 perusahaan dari pelayaran, kargo dan ekspedisi (EMKL) menghadiri Malam Penganugerahan Pelanggan Pelindo III Sinergi Bersama Membangun Negeri di Hotel Shangri-La Surabaya, Rabu (4/12/2019). Foto:Istimewa.

Lampaui Target 2019, Pelindo III Apresiasi Mitra Bisnis

Amrozi Amenan, Kamis, 5 Desember 2019 | 01:06 WIB

SURABAYA, investor.id - PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) mengapresiasi mitra bisnis yang turut berkontribusi pada pencapaian target tahun 2019 melalui gelaran bertajuk “Malam Penganugerahan Pelanggan Pelindo III Sinergi Bersama Membangun Negeri” yang digelar di Hotel Shangri-La Surabaya, Rabu (4/12/2019). Sebanyak 139 perusahaan dari pelayaran, kargo dan ekspedisi (EMKL) menghadiri acara tersebut.

Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung, mengatakan penganugerahan pelanggan ini sebagai bentuk apresiasi kepada pengguna jasa yang senantiasa setia menggunakan jasa dan layanan serta memberikan kontribusi besar kepada Pelindo III. “Ajang penganugerahan pelanggan ini juga sebagai upaya untuk mendorong perusahaan mereka  agar dapat semakin meningkatkan produksinya,” kata Doso.

Penghargaan diberikan kepada 49 perusahaan yang terdiri dari perusahaan pelayaran dan pemilik barang mulai meliputi curah kering, curah cair, general cargo, RoRo/penumpang, cruise, peti kemas domestik dan peti kemas internasional. Penghargaan tersebut dibagi dalam 9 kategori yaitu pioneer in digital vessel services, pioneer in digital terminal services, reliable and trustworthy customer, ace of customer initiative in terminal services, ace of customer initiative in vessel service, bright star newcomer, ace of customer initiative in business improvement, excellent strategic partnership, dan key contributor customer.

Dalam kesempatan sama, Direktur Operasi dan Komersial, Putut Sri Muljanto menjelaskan bahwa, beberapa inovasi dan program strategis yang dilakukan Pelindo III semata-mata untuk memfasilitasi dan memberikan kemudahan layanan guna mendukung bisnis mereka mulai dari pemberlakuan tarif transhipment petikemas domestik antar terminal untuk mengurangi biaya logistik sebesar 65% dari tarif normal.

Direktur Utama Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung pada Malam Penganugerahan Pelanggan Pelindo III Sinergi Bersama Membangun Negeri di Hotel Shangri-La Surabaya, Rabu (4/12/2019). Foto:Istimewa
Direktur Utama Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung pada Malam Penganugerahan Pelanggan Pelindo III Sinergi Bersama Membangun Negeri di Hotel Shangri-La Surabaya, Rabu (4/12/2019). Foto:Istimewa

Disisi lain, Pelindo III juga terus melakukan percepatan pelayanan diantaranya dengan membangun Pelabuhan Gili Mas dengan dermaga sepanjang 440 meter dan mampu menampung kapal Cruise guna mendukung program pemerintah mencapai target 20 juta wisatawan. Pelayanan keluhan pelanggan yang online 24 jam 7 hari non stop, fasilitas  shore connection yang mampu menekan biaya operasional bongkar muat sebesar 40 persen dan mempercepat kegiatan bongkar muat yang semula 4-5 hari menjadi 3-4 hari, serta digitalisasi layanan seperti Integrated Billing Sytem (IBS)  untuk mempermudah pengguna jasa dalam melakukan transaksi pelayanan yang lebih efisien dalam hal waktu dan biaya serta dapat melakukan monitoring secara real time.

“Upaya peningkatan produktivitas dan efisiensi dalam menekan biaya logistik tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri namun perlu dilakukan bersama-sama dan bersinergi antara BUMN dan swasta. Pelindo III sebagai penyedia jasa kepelabuhanan harus bersinergi dengan pengguna jasa seperti pelayaran dan pemilik barang agar daya saing sistem logistik nasional dapat tercapai,” imbuh Putut.

ebanyak 139 perusahaan dari pelayaran, kargo dan ekspedisi (EMKL) menghadiri Malam Penganugerahan Pelanggan Pelindo III Sinergi Bersama Membangun Negeri di Hotel Shangri-La Surabaya, Rabu (4/12/2019). Foto:Istimewa.
ebanyak 139 perusahaan dari pelayaran, kargo dan ekspedisi (EMKL) menghadiri Malam Penganugerahan Pelanggan Pelindo III Sinergi Bersama Membangun Negeri di Hotel Shangri-La Surabaya, Rabu (4/12/2019). Foto:Istimewa.

Sementara itu, berdasarkan data trafik hingga Oktober 2019, arus kapal mencapai 63.990 unit, atau mengalami kenaikan sebesar 16% dibandingkan tahun lalu periode yang sama tercatat sebanyak 55.120 unit. Kenaikan arus kapal tersebut diikuti meningkatnya arus barang, petikemas dan penumpang.

Adapun arus barang mencapai 2.731.543 M3 hingga Oktober 2019 atau naik sebesar 3% dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama tercatat 2.651.290 M3. Arus petikemas hingga Oktober 2019 tercatat 4.450.803 TEUs atau naik sebesar 2% dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama sebanyak 4.370.625 TEUs.

Sementara itu arus penumpang mencapai 2.983.159 orang atau naik sebesar 16 persen dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama tercatat sebanyak 2.579.059 orang. Sedangkan arus hewan mengalami penurunan, tercatat hingga Oktober 2019 mencapai 105.334 ekor atau menurun sebesar 6% jika dibandingkan tahun lalu periode yang sama yang tercatat sebanyak 111.564 ekor.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA