Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dalam kapasitasnya sebagai utusan khusus Presiden Jokowi,  didampingi Dubes RI untuk AS Muhammad Lutfi bertemu dengan Presiden Donald Trump di Gedung Putih, Washington DC, pada Selasa (17/11/2020) waktu setempat.Trump didampingi  para Penasehat  Jared Kushner dan Ivanka Trump, serta CEO IDFC Adam Boehler. Foto: KBRI Washington DC

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dalam kapasitasnya sebagai utusan khusus Presiden Jokowi, didampingi Dubes RI untuk AS Muhammad Lutfi bertemu dengan Presiden Donald Trump di Gedung Putih, Washington DC, pada Selasa (17/11/2020) waktu setempat.Trump didampingi para Penasehat Jared Kushner dan Ivanka Trump, serta CEO IDFC Adam Boehler. Foto: KBRI Washington DC

Luhut Sampaikan Apresiasi Presiden Jokowi kepada Trump

Rabu, 18 November 2020 | 10:57 WIB
Novy Lumanauw (novy@investor.co.id)

WASHINGTON DC, investor.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam kapasitasnya sebagai utusan khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi),  secara khusus menyampaikan salam, terima kasih,  dan penghargaan dari Presiden Jokowi atas dukungan Presiden Trump pada kerja sama RI dan AS  selama ini, khususnya terkait perpanjangan preferensi Generalized System of Preferences (GSP) oleh USTR kepada Indonesia.

Pesan khusus Presiden Jokowi disampaikan Luhut saat didampingi Duta Besar Republik Indonesia  (RI) untuk Ameriaka Serikat (AS) Muhammad Lutfi mengadakan pertemuan dengan Presiden AS Donald Trump di Gedung Putih, Washington DC, Selasa (17/11/2020) waktu setempat.

Pada pertemuan yang berlangsung dalam suasana akrab, Presiden Trump  didampingi para Penasehat  Jared Kushner dan Ivanka Trump, serta CEO International Development Finance Corporation (IDFC) Adam Boehler.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dalam kapasitasnya sebagai utusan khusus Presiden Jokowi,  didampingi  Dubes RI untuk AS Muhammad Lutfi mengadakan pertemuan dengan Presiden AS Donald Trump di Gedung Putih, Washington DC, pada Selasa (17/11/2020) waktu setempat. Pada pertemuan yang berlangsung dalam suasana akrab, Presiden Trump didampingi  para Penasehat  Jared Kushner dan Ivanka Trump, serta CEO International Development Finance Corporation (IDFC) Adam Boehler. Foto: KBRI Washington DC
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dalam kapasitasnya sebagai utusan khusus Presiden Jokowi, didampingi Dubes RI untuk AS Muhammad Lutfi mengadakan pertemuan dengan Presiden AS Donald Trump di Gedung Putih, Washington DC, pada Selasa (17/11/2020) waktu setempat. Pada pertemuan yang berlangsung dalam suasana akrab, Presiden Trump didampingi para Penasehat Jared Kushner dan Ivanka Trump, serta CEO International Development Finance Corporation (IDFC) Adam Boehler. Foto: KBRI Washington DC

Pada kesempatan itu, Menko Luhut  mengungkapkan bahwa keputusan pemerintah AS itu telah menghadirkan semangat dan optimisme baru bagi peningkatan kerja sama bisnis yang lebih erat antara Indonesia-AS serta  akan mendongkrak  arus perdagangan dua arah sehingga  berdampak positif bagi  investasi.

AS adalah salah satu mitra dagang utama Indonesia. Total nilai perdagangan bilateral antar kedua negara mencapai US$ 27,1 miliar pada tahun 2019 dengan nilai ekspor Indonesia ke AS sebesar US$ 17,8 miliar, dan  impor mencapai US$ 9,3 miliar. Perdagangan RI-AS juga mencatat surplus dalam 5 tahun terakhir.

Pada tahun 2019, nilai ekspor Indonesia dengan fasilitas GSP mencapai US$ 2,61 miliar atau setara dengan 13,1% dari keseluruhan ekspor Indonesia ke AS yang berjumlah US$ 20,1 miliar.

Sementara itu, Presiden  Trump juga menyampaikan salam dan terima kasihnya kepada Presiden Jokowi atas kerja sama sinergis yang telah terjalin selama ini antara Indonesia – Amerika Serikat.
Presiden Trump juga mengapresiasi hubungan ekonomi kedua negara yang terus meningkat.

Selain bertemu Presiden Trump, Luhut juga diterima Wakil Presiden AS Mike Pence di kantornya. Pence menawarkan kerja sama produksi vaksin bersama  antara perusahaan AS dan Indonesia.

Sementara itu, pada pertemuan terpisah, dengan National Security Advisor (NSA) Robert O’ Brien, Menko Luhut melakukan pembahasan kemitraan strategis antara Indonesia – AS  di bidang pertahanan dan teknologi, serta bertukar pandangan mengenai geopolitik global.

Menko Luhut menyambut positif berbagai pertemuan itu dan berharap kerja sama yang baik dengan AS dapat  terus ditingkatkan di masa  pemerintahan AS  yang akan datang.

“Saya atas nama Presiden Joko Widodo menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Presiden Donald Trump. Apapun hasil resmi pemilu AS, pertemanan tetap perlu dijaga. Kita akan selalu menjadi kawan. Saya juga berharap komunikasi yang baik seperti ini dengan Gedung Putih dapat juga terjalin setelah Januari 2021 nanti,” katanya.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk AS Muhammad Lutfi mengatakan, Indonesia dan AS menghadapi situasi perdagangan yang unik selama pandemi Covid-19. Pada Kuartal I – 2020, perdagangan Indonesia ke AS  tumbuh 7,7%.

“Kami bersama Kadin Indonesia masih melakukan negosiasi dengan sejumlah perusahaan AS untuk berinvestasi di Indonesia,” kata Lutfi.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN