Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kampus Fakultas Kehutanan UGM Yogayakarta. Foto ilustrasi: fkt.ugm.ac.id

Kampus Fakultas Kehutanan UGM Yogayakarta. Foto ilustrasi: fkt.ugm.ac.id

Mahasiswa Kehutanan UGM Delegasi Terbaik dalam International Forestry Student Association

Kamis, 10 Juni 2021 | 10:00 WIB
Ridho Syukra (ridho.syukra@beritasatumedia.com )

JAKARTA, investor.id - Mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM menorehkan prestasi sebagai delegasi terbaik dalam kategori Best Overall Presentation dalam Asia-Pacific Regional Meeting International Forestry Student Association (IFSA) ke-8 yang diselenggarakan secara virtual dari  1-3 Juni 2021 di Hokkaido, Jepang.

Tim delegasi IFSA Local Committe (IFSA LC) Fakultas Kehutanan UGM yang diwakili oleh Faiha Azka Azzahira dan Anastasya Tesalonika Ambarita menyajikan materi penelitian berjudul “ The Impact of Covid-19 Pandemic Towards Eco-Tourism Activities in Kalibiru Local Community Forest”.

Dekan Fakultas Kehutanan UGM, Budiadi mengatakan sebagai bagian dari Tridarma perguruan tinggi khususnya terkait dengan  kiprah mahasiswa dalam penelitian dan pengabdian masyarakat, UGM selalu memberikan kesempatan yang luas kepada mahasiswa untuk beraktivitas positif yang berhubungan langsung dengan isu terkini dan memberikan solusi yang terbaik terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Paparan mahasiswa kehutanan UGM yang mengangkat topik upaya pengelolaan ekowisata oleh pemegang izin hutan kemasyarakatan di Kalibiru, Yogyakarta di tengah pandemi, sangat relevan dengan persoalan dampak pandemi yang dihadapi masyarakat khususnya solusi dari bidang kehutanan.

“ Ekowisata kalibiru yang telah sejak lama menjadi pembelajaran keberhasilan pengelolaan hutan oleh masyarakat dapat menjadi contoh penting dalam mengatasi permasalahan ekonominya di tengah pandemi Covid-19, “ ujar dia kepada Investor Daily, di Jakarta, Kamis (10/6).

Ia mengatakan mahasiswa tetap optimistis belajar di tengah pandemi Covid-19 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan tetap konsisten untuk aktif dalam forum nasional maupun internasional.
Kegiatan IFSA LC UGM yang merupakan wadah aktivitas mahasiswa kehutanan dunia sangat  penting, Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (Aphi) menyambut baik dan memberikan dukungan.

Direktur Eksekutif Aphi, Purwadi Soeprihanto mengatakan IFSA adalah wadah organisasi dan forum internasional yang sangat strategis bagi mahasiswa kehutanan Indonesia untuk mempromosikan upaya Indonesia dalam mengelola hutannya secara lestari.

Topik ekowisata yang dipaparkan mahasiswa UGM dalam forum IFSA adalah bagian dari konsep multiusaha kehutanan yang saat ini mendapatkan payung kebijakan kuat pasca terbitnya UU cipta kerja, melalui transformasi perizinan pemanfaatan hasil hutan menjadi Perizinan Berusaha dalam UU cipta kerja dan peraturan turunannya telah diberikan ruang luas dalam memanfaatkan hasil hutan baik hasil hutan kayu, hasil hutan bukan kayu, kawasan dan jasa lingkungan termasuk ekowisata.

Melalui pendekatan multiusaha kehutanan tersebut, pemanfaatan hutan dapat lebih dioptimalkan tidak hanya bersandar pada hasil hutan kayu, pengembangan ekowisata oleh masyarakat Kalibiru menjadi pembelajaran yang menarik, bagaimana upaya rehabilitasi dan perlindungan hutan dapat dikemas menjadi ekowisata yang mampu mendorong ekonomi.

Tim Delegasi IFSA LC Mahasiswa Kehutanan UGM, Faiha Azka Azzahira mengucapkan rasa syukurnya atas penghargaan dalam forum Asia-Pacific Regional Meeting International Foresty Student Association (IFSA) ke-8.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN