Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pekerja menyelesaikan pekerjaan jaringan saluran udara tegangan ekstra tinggi di Tangerang, Selasa (31/3/2020).Foto: SP/Ruht Semiono

Pekerja menyelesaikan pekerjaan jaringan saluran udara tegangan ekstra tinggi di Tangerang, Selasa (31/3/2020).Foto: SP/Ruht Semiono

Manajemen Vegetasi Jalur Transmisi PLN dengan Teknologi Drone Diuji Coba

Sabtu, 1 Agustus 2020 | 08:40 WIB
Mashud

BANDUNG, investor.id – PT Terra Drone Indonesia melakukan demonstrasi solusi teknologi drone di Unit Induk Transmisi (UIT) Jawa Bagian Tengah (JBT), PT PLN (Persero)

Solusi yang didemostransikan merupakan pemanfaatan teknologi drone untuk manajemen vegetasi di jalur transmisi listrik. Sebelumnya Terra Drone Indonesia mengaku pernah melakukan demonstrasi ke beberapa unit PLN lain seperti UIT Jawa Bagian Timur dan Bali (JBTB) dan UP3B Kalimantan Barat.

Kegiatan dilakukan di kantor PLN UIT JBT dan demonstrasi dilakukan di daerah Batununggal, Bandung.

Managing Director Terra Drone Indonesia, Michael Wishnu Wardana menjelaskan berbagai pemanfaatan drone di sektor energi kelistrikan,antara lain detail perencanaan operasi drone, serta output yang diperoleh.

“Terra Drone Indonesia memperkenalkan metode manajemen vegetasi menggunakan drone jenis fixed wing yang memiliki keunggulan dibanding multirotor dalam hal produktivitas pengambilan data,” ujar Michael dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Jumat (31/7/2020).

Disampaikan, PLN biasa melakukan kegiatan manajemen vegetasi dengan mengirimkan personil untuk menyusuri jalur transmisi. Hal tersebut membutuhkan waktu cukup lama dalam pengerjaannya, serta membahayakan para pekerja karena berdekatan langsung dengan sumber listrik bertegangan tinggi.

“Dengan menggunakan drone, hal tersebut dapat diminimalisir, serta dapat menghasilkan data yang detail dan terperinci. Selain itu, drone juga menjadi opsi teknologi yang ekonomis,” pungkasnya.

Editor : Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

Sumber : PR

BAGIKAN