Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Sinar Mas Agribusiness and Food terus berupaya mendukung gaya hidup sehat masyarakat di tanah air. Foto ilustrasi: IST

Sinar Mas Agribusiness and Food terus berupaya mendukung gaya hidup sehat masyarakat di tanah air. Foto ilustrasi: IST

Manfaat Minyak Sawit dalam Kehidupan Manusia

Rabu, 16 September 2020 | 10:07 WIB
Ridho Syukra (ridho.syukra@beritasatumedia.com )

JAKARTA, investor.id - Minyak kelapa sawit mempunyai banyak kegunaan dan sudah menjadi kebutuhan hidup manusia, hampir semua produk yang dibeli di supermarket berbahan dasar minyak kelapa sawit.

Minyak kelapa sawit juga menjadi komoditas unggulan ekspor Indonesia di pasar internasional dan sudah menjadi penyumbang devisa terbesar dan tentunya menyerap tenaga kerja.

Indonesia sudah dikenal sebagai produsen sawit terbesar di dunia karena kualitas sawit yang dihasilkan sudah tidak diragukan lagi dan fungsi sawit sangat banyak bagi kehidupan manusia.

Berdasarkan kajian yang dilakukan oleh Sinar Mas Agribusiness and Food, minyak kelapa sawit mempunyai beberapa karakteristik yaitu halus dan lembut, kemudian kelapa sawit membutuhkan lahan yang sangat efisien, jika tanaman lain membutuhkan banyak lahan maka kelapa sawit cukup lahan yang efisien.

Kemudian minyak sawit juga bebas dari lemak trans, secara alami minyak kelapa sawit bebas dari lemak trans yang berbahaya yang merupakan sumber utama kolestrol tinggi dan berkaitan dengan penyakit jantung.

Minyak kelapa sawit juga mempunyai biaya yang efisien dan berperan penting untuk menjaga agar makanan tetap terjaga dan yang paling penting minyak kelapa sawit tidak ada rasa dan tidak berbau. karakteristik tersebut menjadikan minyak sawit sebagai komoditas primadona.

Beberapa hasil produk minyak kelapa sawit yang sudah banyak dinikmati adalah cokelat dan selat cokelat secara alami minyak kelapa sawit tidak memiliki rasa dan tidak menghasilkan bau dan mempunyai tekstur halus dan lembut serta banyak dijadikan bahan dasar untuk cokelat dan selai.

Minyak kelapa sawit juga banyak dijadikan untuk membuat lipstik karena mempunyai kemampuan menahan warna dan tidak akan meleleh.

Produk yang sudah tidak asing lagi di rumah dan menggunakan kelapa sawit sebagai bahan dasarnya adalah margarin dan selai mentega karena bebas dari lemak trans dan dapat langsung dioles.

Kemudian minyak kelapa sawit juga digunakan untuk produk sabun dan minyak kelapa sawit dapat membuat sabun tidak licin, halus dan lentur.

Biodiesel juga menggunakan minyak kelapa sawit sebagai bahan utama, bahan bakar yang digunakan bisa menghasilkan lebih sedikit emisi yang mempengaruhi perubahan iklim, merasakan manfaat dari mesin yang lebih bersih.

Minyak kelapa sawit juga digunakan untuk deterjen laundry karena minyak kelapa sawit adalah zat yang menghasilkan sodium lauryl sulfate, agen pembentuk busa efektif yang dipakai dalam deterjen.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN