Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Medco. Foto: dok. Investor Daily

Medco. Foto: dok. Investor Daily

Medco Bor Sumur Eksplorasi West Belut-1

Senin, 5 Oktober 2020 | 07:24 WIB
Retno Ayuningtyas (retno.ayuningtyas@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Medco E&P Natuna Ltd (Medco) memulai pengeboran sumur eksplorasi West Belut-1 di Blok B South Natuna Sea, Kepulauan Riau. Sumur West Belut-1 merupakan sumur eksplorasi keempat yang dibor Medco di Blok B South Natuna Sea pada tahun ini.

Wakil Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Fatar Yani Abdurrahman mengapresiasi langkah Medco yang agresif mengebor sumur eksplorasi di tengah pandemi Covid-19.

Sebelum West Belut-1, Medco juga telah mengebor sumur eksplorasi Bronang-2, Kaci- 2, dan Terubuk-5 di Blok B South Natuna Sea.

“Ini adalah usaha keras di tengah situasi yang kita hadapi. Kami berharap pengeboran ini juga berhasil menambah sumber daya migas nasional mengikuti keberhasilan sumur-sumur sebelumnya,” kata dia dalam keterangan resminya, kemarin.

Dari kegiatan pengeboran yang dilakukan sebelumnya, lanjut dia, Sumur Kaci- 2 berhasil mengalirkan gas kering berkualitas tinggi dengan hasil uji sebesar 13 juta kaki kubik per hari (million standard cubic feet per day/MMscfd) dari 2 zona DST.

Sementara hasil uji alir dari sumur eksplorasi Bronang-2 tercatat sebesar 45 MMscfd dari 4 zona DST.

Selanjutnya, Medco juga berhasil menemukan tambahan sumber daya migas melalui pengeboran Sumur Ter ubuk-5. Dari ketiga hasil interval well testing, sumur ini terbukti mengalirkan gas sebesar 33 MMscfd serta minyak dan kondensat 3.300 barel per hari (bph) dari 3 zona DST.

Fatar Yani berharap agar kegiatan-kegiatan pengeboran dan sejenisnya selalu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak terkait. Sehingga, usaha menambah sumber daya migas nasional dapat dilakukan dengan mulus.

“Semoga ke depan kita mendapatkan tambahan-tambahan yang signifikan, sehingga cita-cita 1 juta barel minyak per hari pada 2030 dapat direalisasi,” tambah dia.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN