Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menhub meninjau Stasiun Pasar Senen dan Terminal Kampung Rambutan, Kamis (29/10/2020)

Menhub meninjau Stasiun Pasar Senen dan Terminal Kampung Rambutan, Kamis (29/10/2020)

Menhub Pastikan Protokol Kesehatan di Masa Libur Panjang

Sabtu, 31 Oktober 2020 | 12:54 WIB
Arnoldus Kristianus (arnoldus.kristianus@beritasatumedia.com) ,Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com) ,dan Sanya Dinda

JAKARTA, investor.id – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan protokol kesehatan di simpul-simpul transpor tasi, seperti stasiun dan terminal, pada masa libur cuti bersama hari raya Maulid Nabi Muhammad SAW 1412 H berjalan baik.

“Sesuai pesan Presiden Joko Widodo agar libur panjang ini bisa berlangsung dengan selamat, aman, nyaman, dan sehat, masyarakat harus disiplin menerapkan protokol kesehatan. Hal itu sekaligus untuk mengantisipasi agar tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 usai libur panjang. Saya apresiasi KAI dan pengelola Terminal Kampung Rambutan yang telah dengan konsisten menerapkan protokol kesehatan dengan cukup baik,” kata Budi ketika meninjau Stasiun Pasar Senen dan Terminal Kampung Rambutan pada Kamis (29/10), seperti dikutip dari keterangan resminya, kemarin.

Menteri Perhubungan. Foto: IST
Menteri Perhubungan. Foto: IST

Menhub mengungkapkan, stasiun dan terminal telah menyediakan fasilitas seperti tempat cuci tangan dengan air mengalir dan hand sanitizer, pengaturan jarak tempat duduk, dan informasi terkait kewajiban memakai masker.

Dengan tersedianya fasilitas tersebut diharapkan dapat menambah kepercayaan masyarakat untuk menggunakan transportasi publik.

Sementara itu, arus lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek meningkat 51,6% memasuki musim libur panjang 28 Oktober hingga 1 November 2020.

Antrian kemacetan panjang kendaraan di dalam Tol JORR   yang melintas di Simpang Susun Cikunir yang merupakan perpecahan Tol JORR menuju Dalam Kota ataupun menuju Tol Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020). Foto: SP/Joanito De Saojoao
Antrian kemacetan panjang kendaraan di dalam Tol JORR yang melintas di Simpang Susun Cikunir yang merupakan perpecahan Tol JORR menuju Dalam Kota ataupun menuju Tol Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020). Foto: SP/Joanito De Saojoao

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru mengatakan, total kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah Timur sebanyak 73.201 kendaraan atau naik 51,6% dari lalu lintas normal.

“Untuk jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta melewati Gerbang Tol Cikampek Utama sebanyak 41.143 kendaraan atau naik 63,6% dari arus lalulintas normal.

Kemudian, kendaraan yang meninggalkan Jakarta melewati Gerbang Tol Kalihurip Utama 1 sebanyak 32.058 kendaraan atau naik 38,5% dari lalu lintas normal,” ujar dia, Rabu (28/10).

Ketua Umum Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI). Foto: IST
Ketua Umum Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI). Foto: IST

Sementera itu, Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) optimistis stimulus tersebut akan membantu menggairahkan sektor pariwisata, terutama didorong oleh pergerakan wisatawan domestik.

Ketua Umum GIPI Didien Junaedy mengatakan saat ini pelaku usaha pariwisata masih bergantung pada pergerakan wisatawan dalam negeri.

Pasalnya, kunjungan wisatawan mancanegara belum dapat dipastikan kapan akan pulih, mengingat masih banyak negara yang harus berjibaku mengatasi penyebaran pandemic Covid-19. (esa/ns/th/tm/en)

Baca juga https://investor.id/business/stimulus-pariwisata-rp-38-t-gerakkan-ekonomi-rakyat

https://investor.id/business/hibah-rp-33-triliun-dorong-industri-pariwisata-terdampak-covid19

https://investor.id/business/penerbangan-jakarta-ke-denpasar-paling-sibuk

https://investor.id/business/penduduk-bangun-homestay-kembangkan-industri-pariwisata

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN