Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menkeu Sri Mulyani. Foto: IST

Menkeu Sri Mulyani. Foto: IST

APARAT PAJAK DIDUGA TERIMA SUAP PULUHAN MILIAR RUPIAH

Menkeu: Jangan Segan Laporkan Oknum Pajak yang Macam-Macam

Kamis, 4 Maret 2021 | 12:41 WIB
Novy Lumanauw (novy@investor.co.id) ,Triyan Pangastuti

JAKARTA, investor.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan, dugaan kasus suap yang melibatkan pegawai Direktorat Jenderal Pajak (DJP) merupakan bentuk pengkhianatan bagi Kementerian Keuangan yang selama ini terus memegang teguh prinsip integritas dan profesionalitas. Tindakan itu juga dinilai melukai institusi DJP dan Kementerian Keuangan, sangat mengecewakan, dan bisa merusak fondasi Negara.

Menkeu Sri Mulyani pun meminta masyarakat tidak segan-segan mengadukan oknum pajak yang berbuat ‘macam-macam’.

Bagaimana cara menghadapi mereka? Menurut Menkeu, jika ada oknum petugas Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menunjukkan gelagat tak beres, seperti meminta imbalan, hadiah, suap, sogokan, atau memeras, wajib pajak (WP) harus segera melaporkannya.

Target dan Realisasi Penerimaan Pajak
Target dan Realisasi Penerimaan Pajak

“Para WP dan seluruh masyarakat wajib melaporkan apabila terdapat pelanggaran yang dilakukan pegawai DJP maupun pegawai Kemenkeu lainnya melalui aplikasi Whistleblowing System milik Kemenkeu. Jangan takut, laporkan saja,” tegas Menkeu t dalam konferensi pers virtual “Pengusutan Dugaan Kasus Suap”, Rabu (3/3/2021).

Kemenkeu, kata Sri Mulyani, menyediakan saluran melalui surat elektronik yang bisa ditujukan kepada alamat pengaduan dengan mengirimkan ke email pengaduan@ pajak.co.id. Kemudian wajib pajak juga bisa mengadukan tindak pelanggaran melalui saluran telepon Kring Pajak 1500200.

Realisasai Pajak Penghasilan (PPh) Badan dan Perorangan
Realisasai Pajak Penghasilan (PPh) Badan dan Perorangan

Dia menjelaskan, layanan pengaduan tersebut merupakan bukti bahwa Kemenkeu dan DJP memberikan wadah kepada masyarakat untuk ikut menjaga institusi pajak dan Kemenkeu dari ancaman dan godaan pajak.

“Berbagai pengaduan akan kami lindungi. Kami juga berjanji akan melakukan langkah-langkah dalam meneliti dan tindakan-tindakan korektif jika terdapat bukti,” tandas dia.

Realisasi Penerimaan PPN dan PPnBM
Realisasi Penerimaan PPN dan PPnBM

Menkeu mencontohkan, kasus yang sedang ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ini merupakan hasil dari pengaduan masyarakat.

“Saya berterima kasih kepada masyarakat yang terus ikut mengawal dan menjaga Kemenkeu, terutama DJP, agar kami terus dapat menjalankan tugas negara dengan baik secara profesional serta menjaga kejujuran dan integritas,” papar dia. (hg)

Baca juga

https://investor.id/business/menkeu-suap-pajak-adalah-pengkhianatan

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN