Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam webinar Optimisme Pemulihan Ekonomi 2022 yang digelar CIMB Niaga, Rabu, 29 September 2021.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam webinar Optimisme Pemulihan Ekonomi 2022 yang digelar CIMB Niaga, Rabu, 29 September 2021.

Menkeu: Kasus Covid-19 Turun, Ini Sebuah Prestasi

Kamis, 21 Oktober 2021 | 11:38 WIB
Triyan Pangastuti

JAKARTA, investor.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut Indonesia menjadi negara yang relatif baik dalam penanganan pandemi Covid-19, yang tercermin dari menurunnya kasus aktif Covid-19 dan kasus kematian secara harian maupun secara kumulatif.

Menurut dia, secara umum, kasus harian Covid-19 di global juga sudah mengalami penurunan, namun masih ada beberapa negara yang masih mengalami tekanan seperti Rusia, Turki, dan Inggris.

Bahkan, di negara di kawasan Asean seperti Vietnam justru mengalami kenaikan kasus varian delta yang eksponensial dalam waktu singkat kemudian Singapura mengalami lonjakan kasus Covid-19 yang lebih tinggi dibandingkan tahun lalu.

“Perbandingan antara negara ini menggambarkan betapa Indonesia di dalam mengendalikan Covid merupakan sebuah prestasi dan juga sebuah organisasi yang luar biasa karena negara kita penduduknya besar geografisnya juga sangat rumit dibandingkan negara-negara lain yang biasanya geografisnya lebih (besar),” tegas dia, Kamis (21/10/2021).

Menurut dia, menyebarnya varian delta Covid-19 menjadi suatu situasi yang sangat pelik bagi pembuat kebijakan karena di satu sisi kenaikan kasus tentu akan mengharuskan negara tersebut merespons dari sisi langkah-langkah untuk menyelamatkan masyarakatnya dari ancaman Covid.

Namun di sisi lain, munculnya Covid-19 telah memunculkan berbagai konsekuensi yang dihadapi oleh berbagai negara dari sisi ekonomi yang menjadi sangat berat.

Meskipun akselerasi vaksinasi terus dipercepat, namun Sri Mulyani tak memungkiri bahwa masih ada ancaman nyata terkait pasien yang dirawat dirumah sakit dan kematian akibat Covid-19. Oleh karena itu, dia bersyukur atas penurunan kasus Covid-19 di Tanah air, merupakan bentuk kerja keras dari seluruh pihak.

“Penurunan kasus Covid-19 kerja keras nyata dari semua pihak pemerintah pusat untuk bapak presiden yang setiap minggu terus melakukan monitoring beserta kabinet maupun dari pemerintah daerah jajaran TNI dan Polri juga merupakan instansi yang memberikan kontribusi luar biasa di dalam pengendalian Covid,” tuturnya.

Dengan penurunan kasus di dalam negeri, diharapkan mobilitas masyarakat kembali meningkat dan ekonomi bisa bergerak di jalur pemulihan. "Penurunan kasus ini diharapkan bisa meminimalkan kegiatan ekonomi dan masyarakat, sehingga program ekonomi nasional bisa dijalankan dan memulihkan tidak saja daya beli masyarakat atau dalam hal ini kesejahteraannya, namun juga untuk mengembalikan lagi penciptaan kesempatan kerja dan mendorong investasi,” tuturnya.

Editor : Thomas Harefa (thomas@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN