Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Keuangan sekaligus Ketua KSSK Sri Mulyani

Menteri Keuangan sekaligus Ketua KSSK Sri Mulyani

Menkeu Optimistis Pertumbuhan Ekonomi 2021 Capai 4%

Rabu, 19 Januari 2022 | 13:51 WIB
Triyan Pangastuti

JAKARTA, investor.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani meyakini pertumbuhan ekonomi keseluruhan tahun 2021 dapat mencapai 4%, sejalan dengan berbagai indikator pemulihan ekonomi yang turut menopang pertumbuhan ekonomi di keseluruhan tahun.

Dengan perhitungan, apabila kinerja pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV dapat mencapai 5%.

“Kami optimis di kuartal IV pertumbuhan ekonomi  akan recovery cukup kuat dengan beberapa indikator dan estimasi dari Badan Kebijakan Fiskal sekitar 5%.  Jadi kalau kuartal IV di 5%,  maka keseluruhan  tahun akan berada di 4 persen,”ungkapnya dalam Rapat Kerja bersama Komisi XI, Rabu (19/1).

Ia menjelaskan bahwa kegiatan ekonomi mulai berangsur pulih dengan kuat setelah tertekan dalam akibat varian delta. Alhasil menyebabkan pertumbuhan ekonomi pada kuartal III hanya mencaai 3,5% atau lebih rendah dibandingkan kuartal II tercatat tumbuh 7,07%.

“Indikator ini akan terus kami tracking untuk mengkalibrasi dan merespon dari program pemulihan ekonomi nasional. Mana area yang harus di-accelerate dengan momentum pemulihan ekonomi yang sudah menujukkan hal yang bagus sesudah alami dampak delta,” tegasnya.

Menkeu menjelaskan bahwa, mobilitas masyarakat terus mengalami penguatan seiring dengan terkendalinya pandemi yang tercermin dari mobilitas masyarakat pada kuartal IV tercatat tumbuh positif 2,2%.

Selain itu, indikator konsumsi dan produksi terkini menunjukkan penguatan yang solid dan kuat sejak kuartal IV- 2021. Pemulihan ekonomi juga turut mendorong kredit perbankan yang mulai mengalami peningkatan untuk menopang pertumbuhan ekonomi.

“Karena konsumsi very strong, kemudian investment tunjukan pemulihan, kredit growth recover sangat  tinggi dan belanja pemerintah pusat dan daerah di kuartal IV  sangat kuat. Indikator ini kami anggap akan berikan dampak growth performance di kuartal IV  dan sebabkan keseluruhan tahun (2021) akan membaik,”tuturnya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN