Menu
Sign in
@ Contact
Search
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Menkeu: Pajak dan PNBP SDA Jadi Instrumen Dorong Keadilan bagi Rakyat Indonesia

Rabu, 3 Agustus 2022 | 13:04 WIB
Triyan Pangastuti (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan kontribusi pajak hingga PNBP sumber daya alam (SDA) menjadi sangat penting dan diandalkan terhadap penerimaan negara di tengah ketidakpastian global dan melonjaknya harga komoditas.

“Jadi instrumen pajak dan PNBP menjadi instrumen keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Dalam situasi harga komoditas yang melonjak seperti saat ini sumbangan dan kontribusi SDA terhadap penerimaan negara sangat penting dan diandalkan,” katanya dalam Webinar Digitalisasi sebagai Sarana Pencegahan Korupsi di Jakarta, Rabu (3/8/2022).

Sri Mulyani menuturkan pernanan penerimaan negara yang disokong oleh kenaikan harga komoditas terutama minyak dan gas bumi ini akan membantu pemerintah untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19.

Baca juga: Harga Komoditas Naik, PNBP SDA Diproyeksi Lampaui Target

Tak hanya itu, hingga saat ini masih mengawal pemulihan ekonomi dari dampak pandemi Covid-19 yang menyebabkan masyarakat mengalami tekanan baik dari sisi sosial, kesehatan dan ekonomi.

Disamping itu, Pemerintah berusaha mengembalikan tingkat kemiskinan ke single digit secara cepat dan menciptakan lapangan pekerjaan seluas-luasnya mengingat pandemi mendorong naiknya tingkat kemiskinan dan pengangguran.

“Kita perlu pulihkan pertumbuhan ekonomi, kita perlu menciptakan lapangan pekerjaan bagi mereka yang kehilangan pekerjaan selama pandemi Covid-19. Ini upaya luar biasa yang membutuhkan resources luar biasa besar. Pendapatan dari SDA jadi salah satu yang diandalkan dalam proses ini,” tegasnya.

Baca juga: Pakar: Waspadai Peningkatan Kematian Covid-19

Oleh karena itu, SDA harus dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk mendukung kemakmuran rakyat. Hal ini telah tertuang dalam  Undang Undang Dasar 1945, pasal 33 ayat 3 yang mengamanatkan bahwa bumi air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dapat digunakan sebesar besarnya untuk kemakmuran rakyat.

"Ini amanat harus dan terus menerus perlu dilakukan untuk konsisten oleh karena itu pemerintah dalam hal ini dikuasai oleh negara dilaksanakan pemerintahan setiap masa perlu lakukan langkah bangun sistem agar bumi air kekayaan alam bener bener digunakan untuk kemakmuran rakyat sebesar besarnya," tegasnya.

Sebagai informasi, realisasi PNBP SDA semester I-2022 telah mencapai Rp 114,6 triliun yang terdiri atas PNBP SDA Migas Rp 74,6 triliun dan PNBP SDA Non Migas Rp 40 triliun.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com