Menu
Sign in
@ Contact
Search
Menkeu Sri Mulyani

Menkeu Sri Mulyani

Menkeu-BI: Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Bisa di Atas 5%

Senin, 1 Agustus 2022 | 22:45 WIB
Triyan Pangastuti (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani memproyeksi pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal II mampu menembus 5% (yoy). Pencapaian ini akan melanjutkan kinerja pertumbuhan ekonomi kuartal I yang tumbuh 5,01%.

Sesuai rencana, pada Jumat (5/8/2022), Badan Pusat Statistik (BPS) akan mengumumkan realisasi pertumbuhan ekonomi kuartal II.

"Namun kita juga memperkirakan kuartal II masih akan tumbuh di atas 5%, terutama kuartal I waktu itu 5,01% kita memperkirakan kuartal II juga akan bertahan di atas 5% (yoy). Didukung oleh komponen sisi konsumsi, investasi dan ekspor akan memberikan dampak yang sangat kuat terhadap kinerja PE kuartal II," tuturnya dalam konferensi pers KSSK, Senin (1/8/2022).

Baca juga: Di Tengah Tekanan Global, Stabilitas Sistem Keuangan RI Tetap Terjaga

Selain topangan dari berbagai komponen, proyeksi pertumbuhan ekonomi kuartal II yang tetap positif juga tak terlepas dari adanya baseline effect pertumbuhan ekonomi kuartal II 2021 yang memang sudah tinggi menyentuh 7,07% (yoy).

Secara rinci, Menkeu menjelaskan komponen sisi konsumsi rumah tangga yang terpantau masih kuat selama momentum Ramadhan dan Idul Fitri juga terpantau dari data keyakinan konsumen. Hal ini menunjukkan masyarakat memiliki optimisme terhadap prospek pemulihan ekonomi.

Selanjutnya komponen investasi dan kinerja ekspor dinilainya juga masih akan menjadi faktor penopang pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Dari Rugi, Bukalapak (BUKA) Berbalik Untung Rp 8,5 Triliun!

"Kita memperkirakan akan tumbuh lebih tinggi dari kuartal I dan ekspor tumbuh 40% untuk Juli saja. Jadi, ini masih tumbuh sangat tinggi dalam satu kuartal," tegasnya.

Senada dengan Sri Mulyani, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo juga memproyeksikan pertumbuhan ekonomi sepanjang April-Juni akan mencapai 5,05%. Bahkan, kinerja ekonomi kuartal III diyakininya juga akan terus menguat.

"Pertumbuhan ekonomi kuartal II didukung oleh konsumsi swasta naik terus sejak ramadhan dan sejak itu karena mobiltias yang makin baik meningkatkan konsumsi swasta. Kemudian tentu saja kinerja ekspor cukup baik dan dorongan dari kebijakan fiskal," ucapnya.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com