Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
MRT Jakarta di Stasiun MRT Blok M, Jakarta. Foto: Investor Daily/Gora Kunjana

MRT Jakarta di Stasiun MRT Blok M, Jakarta. Foto: Investor Daily/Gora Kunjana

MRT Jakarta Proyek Terbaik Kerja Sama RI-Jepang

Minggu, 12 Januari 2020 | 12:42 WIB
Tri Murti

JAKARTA, investor.id - Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi melihat transportasi MRT Jakarta sebagai proyek terbaik atau flagship project kerja sama antara Jepang dan Indonesia.

“Menlu Jepang melihat MRT Jakarta ini sebagai flagship project dari model kerja sama antara Pemerintah Jepang dan Pemerintah Indonesia,” ujar Direktur Utama (Dirut) PT MRT Jakarta William Sabandar di Jakarta, Jumat (10/1).

Dirut MRT Jakarta William Sabandar. Foto: Investor Daily/PRIMUS DORIMULU
Dirut MRT Jakarta William Sabandar. Foto: Investor Daily/PRIMUS DORIMULU

William menambahkan bahwa Menlu Jepang Toshimitsu Motegi menyampaikan dirinya sangat puas dengan perkembangan MRT Jakarta yang sangat pesat seperti jumlah penumpang yang melampaui target hingga kontribusi besar MRT dalam mengubah budaya masyarakat Indonesia.

Menlu Jepang Toshimitsu Motegi mengunjungi sekaligus meninjau moda transportasi MRT pada Jumat (10/1). Kedatangan Menlu Jepang disambut oleh Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar dan Chief Representative JICA Indonesia Yamanaka Shinichi di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia.

Menlu Jepang kemudian meninjau stasiun MRT tersebut dan sempat menyimak penjelasan seputar MRT Jakarta dan stasiun-stasiunnya. Kemudian, dia berkesempatan mencoba MRT Jakarta dari Stasiun MRT Bundaran HI hingga Stasiun MRT Sekretariat Asean.

Sebelumnya Pemerintah Jepang menyatakan minat untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Indonesia dalam rencana pembangunan fase II moda transportasi MRT Jakarta.

“Sehubungan dengan MRT, yang saat ini terdapat rencana pembangunan fase II MRT Jakarta dengan jalur utara ke selatan ser ta jalur timur ke barat. Untuk itu, saya ingin terus bekerja sama dalam hal tersebut,” kata Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism (MLIT) Akaba Kazuyoshi dalam acara peresmian simbol Official Development Assistance (ODA) dari Jepang untuk Indonesia yang terpasang di pintu keluar Stasiun MRT Jakarta Bundaran HI pada Desember lalu.

Saat itu Akaba berharap keberadaan moda transportasi publik MRT Jakarta dapat menjadi simbol persahabatan antara kedua negara sekaligus memberikan kontribusi positif bagi Indonesia.

“Saya berharap MRT ini memiliki kontribusi untuk mengatasi masalah kemacetan,” ujar Kazuyoshi Akaba.

Sementara itu, MRT Jakarta Fase I dengan rute Bundaran HI - Lebak Bulus sepanjang 16 kilometer, diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 24 Maret 2019.

Dirut MRT Jakarta William Sabandar mengatakan, hingga 18 Desember 2019, ratarata jumlah penumpang moda transportasi itu mencapai 94.785 penumpang per hari, naik signifikan dibanding realisasi November sebanyak 89.327 penumpang per hari.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN