Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Gerbang Tol Cikampek Utama 2. Foto ilustrasi: Jasa Marga

Gerbang Tol Cikampek Utama 2. Foto ilustrasi: Jasa Marga

Mulai Besok, Ini Titik Penyekatan di Tol Japek dan Trans Jawa

Rabu, 5 Mei 2021 | 18:30 WIB
Muawwan Daelami (muawwan@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Kebijakan pemerintah meniadakan mudik Lebaran 2021 pada tanggal 6-17 Mei membuat pergerakan kendaraan akan dikendalikan. Meski kebijakan tersebut tidak melarang pergerakan angkutan logistik dan kendaraan tertentu yang tidak masuk pembatasan, sejumlah titik penyekatan di jalan tol telah disiapkan.

"Jadi, mohon dipahami kewenangan penetapan titik penyekatan ini domainnya berada di Kepolisian, kami sifatnnya hanya mendukung," ucap Corporate Communication & Community Development Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru, Selasa (4/5).

Dari informasi yang dihimpun, Investor Daily kemudian merangkum beberapa titik penyekatan atau pengendalian transportasi di ruas-ruas tol kelolaan PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Astra International Tbk melalui kelompok usahanya Astra Infra yang mulai diberlakukan besok 6 Mei 2021 pukul 00.00 WIB hingga 17 Mei 2021.

Di tol kelolaan Jasa Maga, penyekatan dilaksanakan di Jalan Tol Jakarta - Cikampek Ruas Cikarang Barat tepatnya di KM 31. Kemudian atas arahan Kepolisian, seluruh akses Jalan Layang Jalan MBZ juga akan dilakukan penutupan sementara baik arah Jakarta maupun arah Cikampek pada akses masuk dan keluar jalan tol tersebut.

Selain itu, penyekatan juga akan dilakukan di Ruas Solo - Ngawi di sekitaran Sragen. Hal ini dilakukan untuk membatasi pergerakan arus lalu lintas keluar dan masuk Jabotabek guna menekan penyebaran Covid-19.

Lebih lanjut, penyekatan juga akan dilakukan di Ruas Tol Jagorawi tepatnya setelah Gerbang Tol (GT) Bogor. Lalu untuk Ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi, penyekatan diberlakukan di hampir seluruh GT Cileunyi, GT Hoa Batu, GT Pasir Koja, GT Muhammad Toha, GT Pasteur, GT Jatiluhur.

Dalam rangka mendukung kebijakan meniadakan mudik, selain dengan menyiapkan titik penyekatan, Jasa Marga juga menyiapkan random check di sejumlah Tempat Istirahat (TIP)/Rest Area untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Beberapa TIP tersebut di antaranya di TIP KM 519 B Jalan Tol Solo-Ngawi, TIP KM 57A Jalan Tol Jakarta-Cikampek, TIP KM 72A dan 88A Jalan Tol Cipularang. Random check diperkirakan dilaksanakan sekitar pukul 10.00 - 13.00 WIB.

Sedangkan titik penyekatan di tol kelolaan Astra Infra, Direktur Keuangan dan Administrasi Ruas Surabaya-Mojokerto Fajar Andi menyampaikan bahwa dari hasil koordinasi terakhir dengan kepolisian, posisi Ruas Surabaya - Mojokerto akan dilakukan penyekatan di GT 5 dan 6 termasuk wilayah GT Mojokerto, GT Krian, dan GT Purworejo.

"Jadi untuk silaturahmi lokal wilayah Surabaya - Sidoarjo tetap berlangsung," ucap Fajar.

Berbeda dengan ruas-ruas sebelumnya, di beberapa GT di Ruas Semarang - Solo tidak diberlakukan penyekatan. Dari hasil pantauan akhir April lalu, kondisi trafik bahkan belum menunjukkan lonjakan signifikan untuk arus balik maupun mudik di wilayah aglomerasi IV Semarang - Solo yang meliputi Semarang, Kendal, Demak, Ungaran dan Purwodadi.

Tingkatkan layanan

Sedangkan, untuk Ruas Tol Tangerang-Merak, Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak melakukan peningkatan layanan meliputi layanan operasional dan infrastruktur yang siap melayani pengguna jalan saat mengisi momen silaturahmi Lebaran.

Di Tol Cikopo-Palimanan, Astra Infra juga melakukan antisipasi lonjakan kendaraan di Lebaran 2021 dengan memaksimalkan pengoperasian di Gerbang Tol Palimanan dengan membuka 44 gardu tol otomatis (GTO).

Demikian pula dengan tol kelolaan Astra Infra di Tol Jombang-Mojokerto. Di mana, Astra Tol Jombang-Mojokerto melakukan berbagai peningkatan layanan, salah satunya dengan menambah CCTV di lajur setiap 500 meter dan 4 unit di seluruh rest area. Di ruas tol tersebut juga tersedia 3 Patroli Lalu Lintas, 1 Rescue, 2 Ambulance, 4 Derek dan Satuan PJR dari kepolisian.

Di Tol Kunciran-Serpong sepanjang 11,135 Km yang dikelola oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN), berbagai sarana pendukung kelancaran arus lalu lintas jalan tol akan dioptimalkan di antaranya dengan memasang 37 CCTV di seluruh gerbang tol, lajur tol, dan di beberapa Interchange sepanjang jalan tol.

Terakhir, Ruas Tol JORR I W2N (Kebon Jeruk-Ulujami). PT Marga Lingkar Jakarta (MLJ) yang bergabung dengan Grup Astra Infra sejak akhir November 2020 lalu, memastikan kondisi jalan dalam keadaan baik untuk mendukung lalin pada Lebaran 2021. Juga akan mengoptimalkan layanan transaksi dengan penambahan 3 unit mobile reader pada gerbang tol Meruya Utama 1, Meruya Utama 2 dan Meruya Utara 3.

Termasuk menyiapkan pos Unit Pelayanan lalin di KM 10+700 B antara lain Pos Jaga Idul Firtri 1422 H, Pos Polisi Jalan Raya dan Posko Layanan Derek. Armada ambulans, rescue truck, kendaraan patroli dan armada derek.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN