Menu
Sign in
@ Contact
Search
Pelabuhan Ekspor Impor

Pelabuhan Ekspor Impor

Natindo Cargo Hadirkan Layanan Jasa Forwarder untuk Permudah Impor Barang

Jumat, 22 April 2022 | 12:05 WIB
Imam Suhartadi (imam.suhartadi@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Tidak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi dan penggunaan internet yang kian meluas telah mempengaruhi persaingan bisnis hingga ke skala global.

Kendati demikian, kegiatan impor ini sebenarnya tidak hanya berdampak besar bagi para pebisnis saja, tapi juga bagi negara itu sendiri, terutama dalam hal politik, sosial, dan ekonomi.

“Natindo Cargo hadir untuk melayani kebutuhan impor barang secara lebih mudah. Salah satu layanan yang dihadirkan Natindo Cargo adalah jasa forwarder Alibaba,” kata Samuel Andrew selaku Komisaris dari Natindo Cargo, yang bergerak di bidang jasa forwarder impor dalam keterangan tertulisnya, Jumat (22/4). Natrindo memiliki kantor di Taman Palem Lestari, Cengkareng, Jakarta Barat dan memiliki website yang memberikan informasi layanan Natrindo Cargo.

Impor, kata dia, mengacu pada kegiatan di mana suatu negara membeli barang yang diproduksi dan dijual oleh negara lain. Ini dikarenakan tidak semua negara selalu diberkahi dengan sumber daya yang sama. Beberapa negara memiliki sumber daya tertentu yang melimpah di tempatnya, sementara beberapa negara lain kekurangan sumber daya tersebut.

Oleh sebab itu, agar dapat membantu perekonomian nasional tumbuh dan berkembang, sangat lazim bagi negara yang kekurangan untuk mengimpor dari negara lain yang memiliki sumber daya melimpah. Di Indonesia sendiri saat ini sangat populer untuk melakukan kegiatan impor barang dari China, karena negara satu ini merupakan salah satu produsen berbagai barang dengan harga terjangkau.

Dalam keadaan darurat, lanjut dia, ketika suatu negara mengalami kekeringan, banjir, atau bencana alam lainnya yang membuat mereka tidak mampu memproduksi dalam jumlah yang cukup, maka impor adalah satu-satunya solusi untuk mencegah kekurangan sumber daya sementara.

Kegiatan impor dan ekspor dapat membantu dua negara untuk saling mempererat dan memelihara hubungan strategis.

“Ini dikarenakan perdagangan internasional berkaitan dengan kegiatan saling memberi dan menerima, di mana suatu negara biasanya dapat mengekspor sumber dayanya ke negara aliansi dengan syarat mereka juga mau mengimpor sumber daya lain dari negara aliansi tersebut,” katanya.

Terlepas dari keuntungan yang didapatkan, sambung dia, kegiatan impor juga dapat berdampak negatif bagi suatu negara, terutama jika dilakukan secara berlebihan.

“Kegiatan impor tetap dibutuhkan oleh suatu negara, namun agar tidak menimbulkan kerugian tentunya harus dibatasi dengan perhitungan yang terukur agar dapat menjaga keseimbangan devisa negara, menghindari ketergantungan, serta mendukung pertumbuhan produk-produk dalam negeri,” kata Samuel Andrew

Editor : Imam Suhartadi (imam_suhartadi@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com