Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Direktur Surat Utang Negara Kemenkeu Deni Ridwan

Direktur Surat Utang Negara Kemenkeu Deni Ridwan

Nilai Kupon SBN ORI 020 Lebih Tinggi dari Bunga Deposito

Senin, 4 Oktober 2021 | 17:40 WIB
Arnoldus Kristianus (arnoldus.kristianus@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id  - Direktur Surat Utang Negara Kemenkeu Deni Ridwan mengatakan, keuntungan yang didapat dari investasi pada Surat Berharga Negara (SBN) Ritel seri  ORI020  lebih tinggi daripada menyimpan dana melalui deposito. Keuntungan terlihat dari imbal hasil maupun kewajiban membayar pajak.

“Kami menawarkan kupon sebesar 4,95%, ini sangat kompetitif sekali. Kalau dibandingkan dengan instrumen sejenis misalnya deposito sekarang sudah di  level antara  2 sampai 3% suku bunganya,” ucap Deni dalam acara Launching ORI020 pada Senin (4/10).

Pemerintah juga telah menurunkan pajak bunga obligasi dari 15% menjadi 10%. Sebelumnya pemerintah telah menurunkan Sedangkan pajak  bunga deposito telah mencapai 20%. SBN Ritel seri ORI020 bisa dipesan dengan ketentuan minimum pemesanan sebesar Rp 1 juta dan maksimum pemesanan  Rp 2  miliar.

“Artinya dari yield lebih besar dan pajaknya lebih kecil sehingga overall menjadi lebih cuan," kata Deni.

Deni mengatakan jika dibandingkan dengan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel seri  ORI015 terjadi penurunan nilai imbal hasil. Sebab saat ini nilai imbal hasilnya mencapai 5,1%. Namun pihaknya juga melihat  kondisi pasar keuangan untuk surat berharga yang tenornya 3 tahun. Dari kondisi di pasar memang terjadi penurunan harga oleh karena itu SBN ritel juga mengalami penurunan harga.

“Sebenarnya secara keseluruhan tetap menarik untuk masyarakat. Bunganya kompetitif, aman karena dijamin pemerintah, dan  sama-sama membantu negara menangani pandemi,” ucapnya. 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN