Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi produk aluminium PT Inalum.

Ilustrasi produk aluminium PT Inalum.

Orias Petrus Moedak Jadi Dirut Mind ID

Retno Ayuningtyas, Senin, 25 November 2019 | 13:24 WIB

JAKARTA – Pemerintah menetapkan Orias Petrus Moedak sebagai direktur utama PT Inalum (Persero) yang kini bernama Mind ID. Pasalnya, Orias dinilai memiliki kemampuan yang mumpuni untuk memimpin Holding Tambang ini.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, pemerintah baru menetapkan direktur utama dan komisaris Inalum. “Dirutnya Pak Orias (Orias Petrus Moedak). Komut (komisaris utama) belum ada, tetapi komisarisnya tambah satu yaitu Arya Sinulingga,” kata dia ketika ditemui di Kementerian BUMN, Senin (25/11).

Menurut dia, Orias ditunjuk sebagai direktur utama lantaran memiliki kemampuan yang baru di bidang pertambangan. Tak hanya itu, pribadinya juga dinilai lurus. “Pak Orias punya kemampuan di bidang pertambangan sangat baik, orangnya lurus, dan kata Pak Erick (Menteri BUMN Eric Tohir) akhlaknya oke,” jelas dia.

Di tempat yang sama, Orias mengaku baru menerima Surat Keputusan (SK) penetapan dirinya sebagai Direktur Utama Inalum pada Senin (25/11) ini. Surat Keputusan tersebut diberikan oleh Wakil Menteri BUMN Kartika Wiroatmodjo.

“Tadi dikasih SK-nya, sebagai Dirut menggantikan Pak Budi (Budi Gunadi Sadikin), mulai hari ini,” tutur dia.

Orias mengatakan, dirinya akan menjalankan amanah sebagai direktur utama Inalum sesuai dengan apa yang sudah dikerjakan sekarang. Dia juga akan melanjutkan dan merampungkan beberapa pekerjaan yang masih diproses oleh Inalum. Salah satunya dirinya akan merampungkan transaksi akuisisi 20% saham PT Vale Indonesia Tbk.

“Kan ada beberapa hal yang dilakukan oleh Inalum, ya kami amankan, seperti transaksi Vale akan diselesaikan. Kemudian hal lain itu melanjutkan yang sudah ada sesuai dengan visi dan misi dari Inalum,” jelas Orias.

Orias menjadi Direktur Utama Inalum setelah ditinggal Budi Gunadi Sadikin yang diangkat menjadi Wakil Menteri BUMN. Selain Orias, kandidat kuat direktur utama Inalum adalah Arie Ariotedjo yang merupakan Direktur Utama PT Antam Tbk.

Orias sendiri sebelumnya memegang jabatan sebagai Wakil Presiden Direktur PT Freeport Indonesia sejak Desember 2018. Sebelum itu, putra asli Nusa Tenggara Timur ini menjabat sebagai Direktur Keuangan Inalum untuk periode April 2018-Desember 2018.

Pria yang lahir di Kupang pada 26 Agustus 1967 ini juga pernah menjabat sebagai Direktur Keuangan PT Bukit Asam Tbk selama 2017-2018. Sebelum itu, Orias menjabat sebagai Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III pada 2016-2017 dan Direktur Keuangan PT Pelindo II pada 2014-2016.

Sebelum di BUMN, Orias bergelut di sektor swasta termasuk di sektor pasar modal. Orias pernah menjadi Direktur Corporate Finance PT Bahana Securities pada 1994, Direktur PT Reliance Sekuritas Tbk, Managing Director Head of Indonesia Civerage Daiwa Capital Markets Singapura Limited pada 2010, Managing Director PT Danareksa Sekuritas, dan Senior Auditor Ernst &Young pada 1992.

 

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA