Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Loto Srinaita Ginting. Foto: djppr.kemenkeu.go.id

Loto Srinaita Ginting. Foto: djppr.kemenkeu.go.id

PaDI UMKM Virtual Expo Batch II Catatkan Transaksi Rp 11,8 Miliar

Senin, 20 September 2021 | 21:20 WIB
Triyan Pangastuti

JAKARTA, investor,id - Kementerian BUMN mengungkapkan Penyelenggaraan Pasar Digital (PaDi) UMKM Virtual Expo Batch II pada periode 6-20 September 2021 mencatatkan nilai transakai hingga Rp 11,8 miliar dengan  2.083 frekuensi transaksi.

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting mengatakan  nilai transaksi dari pelaksanaan PaDi UMKM batch II dari sisi mengalami kenaikan signfikan dari pelaksanaan  virtual expo batch I  yang hanya mencapai Rp1,66 miliar.

"Dalam kesempatan ini selama periode pameran berlangsung mulai tanggal 6-21 September 2021 hingga pukul 11 siang, tercatat  159.942 interaksi kunjungan virtual yang menghasilkan 2.083 frekuensi transaksi dengan volume transkasi Rp 11,8 miliar. Perolehan volume transkasi meningkat sangat signifkan dibandingkan pelaksanan virtual expo sebelumnya Rp 1,66 miliar,"tuturnya dalam Closing Ceremony PaDI UMKM Virtual Batch II, Senin (20/9).

Adapun virtual expo kali ini telah menampilkan ragam jenis produk dari 295 UMKM yang merupakan binaan dari tujuh mitra pengampu UMKM yaitu Kemenkop UKM, Hipmi, Muhammadiyah, NU, IWAPI, Dekranas dan Bhayangkari.

Bahkan sepanjang penyelenggaraan virtual expo, digelar pula 20 sesi webinar dengan ragam topik mulai dari pengenalan produk-produk UMKM oleh masing-masing mitra pengampu, informasi fitur BUMN yang sesuai untuk UMKM serta webinar edukasi guna meningkatkan pemahaman UMKM terkait dukungan pemerintah.

"Webinar bersiifat edukasi untuk tingkatkan pemahaman UMKM terkait dukungan pemerintah ke UMKM, perpajakan bagi UMKM, perlunya perijinan berusaha termasuk tatacaranya dan penyampaikan informasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN),"ujarnya.

Pada kesempatan yang sama,  Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan kolaborasi antara BUMN bersama UMKM merupakan langkah strategis untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang terdampak pandemi.

Apalagi ekosistem PaDi UMKM yang telah berjalan selama setahun belakangan sejalan dengan arah kebijakan Presiden Jokowi.

" Kementerian BUMN serta BUMN senantiasa berkomitmen untuk berkolaborasi dengan mitra pengampu BUMN dan UMKM binaannya. Penyelenggaraan PaDi UMKM Virtual Expo 2021 Batch II kali ini merupakan salah satu bentuk konkret BUMN dalam berupaya untuk terus merangkul UMKM dan mendukung aktivitas bisnis dan operasional BUMN," katanya.

Lebih lanjut, salah satu bentuk keberpihakan BUMN untuk mendukung UMKM yakni BUMN sudah menetapkan kebijakan pengadaan barang jasa melalui UMKM. Pengadaan barang dan jasa diberikan kepada UMKM untuk  paket pekerjaan di bawah Rp 14 miliar.

Di tengah pandemi covid-19 yang maish menimbulkan ketidakpastian kapan berakhirnya, ia meminta seluruh pihak terus optimis dan selalu adaptif agar dapat produktif . Salah satunya melalui PaDI UMKM yang diyakininya dapat mendorong UMKM go digital, sustainable dengan perubahan model bisnis.

"Hingga pertengahan bulan September 2021 dicatat transaksi belanja BUMN kepada UMKM baik belanja tidak langsung maupun tender lelang, maupun belanja langsung sebesar Rp 11,8 triliun dan 155.183 transaksi yang libatkan 10.412 UMKM.  Saya berikan apresiasi ke semua pihak sebab terjadi kenaikan signfikan dibandingkan batch sebelumnya,"tuturnya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN