Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Manufaktur. Foto ilustrasi: IST

Manufaktur. Foto ilustrasi: IST

Pameran Manufacturing Indonesia Tampilkan Perkembangan Teknologi Robotik

Ridho Syukra, Minggu, 8 Desember 2019 | 11:25 WIB

JAKARTA, investor.id - PT Pamerindo Indonesia resmi membuka Pameran Manufacturing Indonesia 2019 series yang dilaksanakan pada 4-7 Desember 2019 di Jakarta International Expo (Jiexpo), Kemayoran, Jakarta.

Pameran Manufaktur terbesar ini menampilkan Beragam Teknologi. Layanan manufaktur terbaru sekaligus menampilkan mesin teknologi robotik.

Pameran ini bisa dijadikan platform bagi pelaku usaha manufaktur untuk memperluas jaringan bisnisnya sekaligus untuk mencari informasi terbaru mengenai perkembangan teknologi manufaktur.

Event Director PT Pamerindo Indonesia Maysia Stephanie mengatakan industri manufaktur merupakan salah satu kontributor terbesar dalam ekonomi Indonesia.

Pameran Manufacturing Indonesia menjadi pameran yang paling ditunggu di tahun ini dan akan dihadiri 30 ribu pengunjung mulai dari importir peralatan dan distributor yang menawarkan peluang bisnis.

“Dalam pameran ini ditampilkan juga mesin mesin canggih yang sejalan dengan industri 4.0 dari pemerintah,” ujar dia di Jakarta, Sabtu (7/12).

Indeks Manufaktur Indonesia
Sejumlah pengunjung melihat berbagai perangkat dan peralatan pendukung pada pameran industri manufaktur di Jakarta, belum lama ini.  Foto ilustrasi: dok. Investor Daily

Pameran ini melibatkan 1.500 perusahaan industri manufaktur dari 39 negara yang siap menampilkan perkembangan terbaru dari mesin manufaktur.

Salah satu perusahaan yang berpatisipasi dalam pameran ini adalah PT Epson Indonesia yang menampilkan mesin robotik yang bisa digunakan untuk industri otomotif, elektronik dan farmasi.

Project Manager Robotic Solution Business Unit PT Epson Indonesia Erwin Pribadi mengatakan penggunaan robot dalam proses manufaktur sudah banyak dilakukan di Indonesia.

Manfaat yang dirasakan adalah mempercepat proses produksi, hemat waktu dan biaya selain itu produk yang dihasilkan jauh lebih banyak.

Ia menilai penggunaan robot tidak akan mengurangi tenaga manusia justru dengan adanya robot membuat manusia lebih banyak belajar dan meningkatkan aktualisasi dirinya.

Epson menampilkan robot controller dalam pameran ini, investasi untuk penggunaan robot memang tidak murah dengan biaya paling rendah Rp 500 juta tetapi bisa memberikan dampak positif untuk keberlangsungan dunia usaha.

“Inudstri 4.0 sudah menjadi tujuan Indonesia ke depan dan Epson siap mendukungnya dengan memberikan solusi teknologi terbaru, “ ujar dia.

Perusahaan lain yang juga mengikuti pameran Manufacturing Indonesia adalah PT Fanuc Indonesia yang sudah lama memperkenalkan teknologi robotik di industri manufaktur.

Fanuc bisa dikatakan pelopor teknologi robotik dan sudah mempunyai banyak klien/customer di Indonesia mulai dari perusahaan otomotif dan elektronik.

Chairman PT Fanuc Indonesia Rudyhandjaja Elawitachya mengatakan tingkat efisiensi dalam penggunaan robot mencapai 10%.

Dengan perkembangan ekonomi Indonesia yang semakin meningkat maka permintaan terhadap teknologi robotik akan semakin tinggi.

Fanuc siap menghadirkan solusi untuk kebutuhan bisnis dan siap mendukung perkembangan industri 4.0 di Indonesia.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA