Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
COO BeritaSatu Media Holdings Anthony Wonsono dalam acara reflection and closing ceremony Pasar Sakti, Minggu, 1 Agustus 2021.

COO BeritaSatu Media Holdings Anthony Wonsono dalam acara reflection and closing ceremony Pasar Sakti, Minggu, 1 Agustus 2021.

Pasar Sakti Bekali Pelaku UMKM Prinsip-Prinsip Kepemimpinan

Minggu, 1 Agustus 2021 | 14:27 WIB
Herman

JAKARTA, investor.id  - Pasar Sakti, virtual festival dan job fair berkonsep animasi 3D yang digelar selama 7 hari sejak 26 Juli 2021  sudah sampai pada hari terakhir.

Digelar PT Infra Solusi Indonesia (I-Solution), anak perusahaan PT Link Net Tbk Tbk melalui First Academy, Pasar Sakti tidak sekadar menghadirkan virtual expo yang diisi ratusan tenant produk UMKM, tetapi juga serangkaian webinar bertema Fight Back yang dirancang dan didedikasikan bagi seluruh UMKM di Indonesia.

Acara ini juga turut didukung BeritaSatu Media Holdings sebagai official media partner.

COO BeritaSatu Media Holdings Anthony Wonsono menyampaikan, dari keseluruhan event Pasar Sakti yang digelar selama 6 hari terakhir, rangkaian  acara yang dihadirkan sangat penting untuk membangun dan membekali masyarakat Indonesia, khususnya pelaku UMKM Indonesia dengan prinsip-prinsip dasar leadership.

Menurut dia, leadership atau kemampuan menjadi pemimpin sangatlah dibutuhkan bukan hanya oleh pelaku UMKM,  tetapi juga oleh semua masyarakat untuk membuat Indonesia terus maju.  

“Di Pasar Sakti banyak hal dibahas mulai dari teknologi, inovasi dan sustainability, proses bisnis, bagaimana membangun road map, dan juga khususnya Pasar Sakti membahas mengenai manusia atau people yang sangat penting untuk menjadi dasar dari semua pelaku usaha di Indonesia, menjadi fundamental building blocks untuk bangsa dan negara kita,” kata Anthony dalam acara reflection and closing ceremony Pasar Sakti, Minggu (1/8/2021).

Anthony menyampaikan, dalam suatu komunitas atau ekosistem besar yang terbentuk dari banyak manusia, ada satu hal yang bisa membedakan kemampuan seseorang untuk bisa terus sukses secara sustainable, baik itu dalam keluarga, kehidupan pribadi maupun dunia usaha, yaitu kemampuan untuk memimpin.

Dari berbagai buku bacaan, observasi dan juga pengalamannya bertemu para leader, setidaknya ada lima poin penting bagi seseorang untuk bisa menjadi great leader atau  pemimpin yang hebat.

Pertama, kemampuan untuk berkomunikasi. Kedua, pemimpin yang hebat harus jelas purpose atau tujuannya baik jangka panjang maupun pendek.

Ketiga, memiliki kemampuan untuk percaya atau trust dengan diri sendiri untuk mengambil keputusan, dan juga percaya dengan tim di sekelilingnya.

“Keempat, pemimpin yang baik adalah yang membangun pemimpin-pemimpin lain di sekitarnya. Dan kelima yang menurut saya paling penting yaitu harus memiliki sikap rendah hati. Saya percaya, Anda tidak akan bisa berkomunikasi dua arah dengan baik kalau tidak punya kerendahan hati. Sebab arogansi akan membuat Anda tidak mau mendengar masukan dari orang lain,” kata Anthony.

Bagi Anthony, acara Pasar Sakti memberikan masyarakat dan juga pelaku UMKM tools yang sangat penting untuk menjadikan kita pemimpin-pemimpin di bidang masing-masing, baik itu dalam keluarga, kehidupan pribadi, dunia usaha, atau pemimpin di Indonesia.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN