Menu
Sign in
@ Contact
Search
Dirut Pelindo I, Prasetyo.

Dirut Pelindo I, Prasetyo.

Pelabuhan Kuala Tanjung, Belawan, dan Dumai Disiapkan Jadi Gerbang Utama Logistik Global

Rabu, 11 Aug 2021 | 19:10 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - PT Pelabuhan Indonesia/Pelindo I (Persero) menyiapkan Pelabuhan Kuala Tanjung, Belawan, dan Dumai sebagai gerbang utama logistik global. Ketiga pelabuhan yang berlokasi di Sumatera Utara dan Riau tersebut akan menyerap pasar pelayaran di Selat Malaka yang merupakan jalur pelayaran tersibuk di dunia.

Pelindo I mengelola 23 pelabuhan yang tersebar di empat provinsi, yakni Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau. Sebagian besar pelabuhan-pelabuhan itu menghadap langsung ke Selat Malaka, sehingga menjadi keunggulan tersendiri bagi Pelindo I dibandingkan operator pelabuhan lainnya di Indonesia.

“Selat Malaka merupakan jalur yang menghubungkan Benua Eropa dan Asia. Sebagai jalur perdagangan tersibuk di dunia, Selat Malaka setiap tahunnya dilewati 120.000 kapal. Ini merupakan potensi sangat besar yang harus kita manfaatkan sebaik mungkin. Karena itu, Pelindo I memiliki visi sebagai gerbang Indonesia ke jaringan logistik global. Kami fokus ke visi tersebut," kata Direktur Utama Pelindo I, Prasetyo dalam program 60 Minutes with Direktur Utama Pelindo I Prasetyo yang ditayangkan Beritasatu TV, Rabu (11/8), pukul 19.00 hingga 20.00 WIB.

Dalam program yang dipandu Direktur Pemberitaan BeritaSatu Media Holdings (BSMH), Primus Dorimulu itu, Prasetyo menjelaskan, ada tiga pelabuhan kelolaan yang paling potensial untuk didorong dalam menyerap pasar pelayaran di Selat Malaka, yaitu Kuala Tanjung, Belawan, dan Dumai. Ketiga pelabuhan itu memenuhi standar internasional terkait lokasi, kedalaman kolam, hingga suprastruktur.

Advertisement

"Yang paling berpotensi adalah Pelabuhan Kuala Tanjung, Dumai, dan Belawan. Kuala Tanjung sendiri merupakan future port dari Pelindo I," ujar dia.

Pelindo I berikan pelayanan pemanduan kapal di Selat Malaka dan Selat Singapura
Pelindo I berikan pelayanan pemanduan kapal di Selat Malaka dan Selat Singapura

Domestik dan Internasioal 

Saat ini, menurut Prasetyo, pelabuhan-pelabuhan tersebut sudah melayani berbagai rute pelayaran domestik dan internasional. Rute domestik yang dilayani ketiga pelabuhan itu sebagian besar menuju Surabaya, Makassar, dan beberapa ke Jakarta.

Selain itu, Pelabuhan Kuala Tanjung sudah menjadi hub domestik untuk angkutan kontainer di wilayah Sumatera. “Kapal-kapal peti kemas dari Jakarta ataupun Surabaya berlabuh terlebih dahulu di Pelabuhan Kuala Tanjung, sebelum peti kemas itu didistribusikan dengan kapal-kapal lebih kecil ke Aceh atau pelabuhan-pelabuhan lainnya di Sumatera,” papar dia.

Untuk rute internasional, kata Prasetyo, Pelabuhan Belawan melayani kapal tujuan Singapura, Malaysia, Jepang, Pakistan, India, Belanda, dan Belgia. Adapun Pelabuhan Kuala Tanjung melayani angkutan minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) ke India, Bangladesh, dan Pakistan.

"CPO dari Kalimantan Tengah, dari Sampit, dari Kumai, datang dulu ke Kuala Tanjung. Dari Kuala Tanjung didistribusikan dengan kapal yang lebih besar menuju Bangladesh, India, dan Pakistan. Jadi, sudah dirintis sebagai hub CPO," tutur dia.

 

Editor : Abdul Aziz (abdul_aziz@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com