Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Petugas mengawasi kegiatan di Area penambangan batubara PT Bukit Asam, Sumatera Selatan. GA Photo/Mohammad Defrizal.

Petugas mengawasi kegiatan di Area penambangan batubara PT Bukit Asam, Sumatera Selatan. GA Photo/Mohammad Defrizal.

Pelabuhan Tarahan PT Bukit Asam Raih Penghargaan Proper Emas KLHK

Selasa, 15 Desember 2020 | 15:13 WIB
Jayanty Nada Shofa

Jakarta, Beritasatu.com - Pelabuhan Tarahan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) berhasil meraih Proper Emas dalam ajang Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) tahun 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin melalui Menteri LHK Siti Nurbaya di Auditorium Manggala Wanabakti, Senin (14/12/2020).

Menurut Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin, penghargaan ini adalah bukti kinerja perusahaan untuk berkontribusi dan bekerja secara optimal termasuk dalam aspek lingkungan meski di tengah pandemi Covid-19.

"Proper tak sekedar kewajiban memenuhi regulasi, tapi juga motivasi untuk meningkatkan kualitas kinerja dan mewujudkan komitmen menjadi perusahaan energi berkinerja unggul," kata Arviyan dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa (15/12/2020).

Arviyan menambahkan, Proper juga menjadi wujud ketersinambungan kerja sama PTBA dengan para pemangku kepentingan secara berkelanjutan dan berdampak positif bagi kedua belah pihak.

" Mulai dari hubungan dengan pemerintah daerah, masyarakat sekitar wilayah operasional, dan pihak lainnya dengan program corporate social responsibility (CSR) yang menekankan community development," jelasnya. 

Dalam peraihan Proper emas, PTBA meluncurkan beberapa inovasi yang di antaranya adalah inovasi pemakaian energi. Pelabuhan Tarahan telah memodifikasi peralatan existing dengan cara elektrifikasi vibrating screen yang berdampak pada kenaikan loading rate dari sebelumnya 2.270 ton per jam menjadi 2.592 ton per jam.

"Dengan ini, waktu operasi menjadi lebih kecil dan berdampak pada konsumsi energi listrik dengan penurunan sebesar 17% atau senilai 3.070,26 GJoule setara Rp 1,3 miliar," kata Arviyan.

Inovasi lainnya adalah pada pemakaian air dengan membuat dust fogging system untuk system sprayer pengendali debu berdasarkan sensor keberadaan gerbong kereta api untuk efisiensi penggunaan air. 

Di bidang keanekaragaman hayati, lanjut Arviyan, Pelabuhan Tarahan berpartisipasi dalam pelestarian fauna berupa perlindungan hewan langka berupa penangkaran burung dengan species burung Jalak Bali dan burung Kakak Tua Jambul Kuning.

Arviyan menambahkan, untuk inovasi dalam bidang CSR, perseroan melakukan program hilirisasi bambu di mana sebanyak 10.000 bibit bambu ditanam dan tersebar di berbagai lokasi.

"Hilirasi juga dilakukan dengan pembuatan cuka bambu yang bisa dimanfaatkan untuk sektor pertanian sekaligus menjadi produk disinfektan untuk memerangi pandemi Covid-19," pugkas Arviyan.

Sedangkan Menteri LHK Siti Nurbaya menjelaskan, Proper merupakan penghargaan bagi dunia usaha yang menunjukkan kinerja luar biasa dalam pengelolaan lingkungan hidup serta menghadirkan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Tahun ini, penilaian Proper ditambahkan kriteria sensitivitas dan daya tanggap perusahaan terhadap kebencanaan dalam aspek pemberdayaan masyarakat. 

"Proper Emas merupakan penghargaan tertinggi kepada perusahaan yang bisa membuktikan upaya berkelanjutan dalam bidang lingkungan hidup, melakukan inovasi dalam aspek pemberdayaan sumber daya serta pengembangan dan pemberdayaan masyarakat," kata Siti Nurbaya.

Editor : Jayanty Nada Shofa (JayantyNada.Shofa@beritasatumedia.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN