Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pelindo I berikan pelayanan pemanduan kapal di Selat Malaka dan Selat Singapura

Pelindo I berikan pelayanan pemanduan kapal di Selat Malaka dan Selat Singapura

Pelindo 1 Tingkatkan Kompetensi SDM Pandu Selat Malaka

Senin, 8 Maret 2021 | 19:49 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT Pelindo 1 bersama Kesyahbandaran Utama Belawan dan Indonesian Maritime Pilots Association (Inampa) berkolaborasi untuk melaksanakan penyegaran pengujian komunikasi Bahasa Inggris dan soft skill bagi perwira pandu, nahkoda kapal patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), operator Vessel Traffic Service (VTS), serta kru kapal pandu dan tunda.

Hal itu guna meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM), khususnya dalam memberikan pelayanan pemanduan kapal di Selat Malaka dan Selat Singapura.

Direktur Operasi dan Komersial Pelindo 1 Ridwan Sani Siregar menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik kegiatan peningkatan kompetensi  yang dilaksanakan saat ini karena sesuai dengan komitmen Pelindo 1 yang selalu mengedepankan layanan baik dari sisi SDM maupun keamanan dan keselamatan pelayaran.

“Salah satu fokus Pelindo 1 di tahun 2021 ini adalah mengembangkan bisnis marine services yang bertujuan untuk memaksimalkan manfaat ekonomi Selat Malaka sebagai salah satu selat tersibuk di dunia. Program ini salah satunya ditujukan untuk memotivasi dan memperkuat pelayanan khususnya pemanduan Selat Malaka dan Singapura dan diharapkan mampu meningkatkan kompetensi masing-masing pihak," ujar Ridwan Sani Siregar dalam keterangan resmi, Senin (8/3/2021).

Saat ini, lanjut dia, bisnis marine services Pelindo 1 di Selat Malaka dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang meliputi 127 orang pilot/pandu bersertifikat dan berpengalaman, 35 unit kapal pandu, 22 unit kapal tunda, 30 unit pilot portable unit, 10 unit automatic identification system (AIS), dan 12 VTS stations.

Menurut Ridwan, perairan Selat Malaka merupakan salah satu jalur laut paling penting di kawasan Asia Tenggara. Memiliki panjang  550 mil laut, jalur ini merupakan jalur sempit yang sangat sibuk sehingga rawan terjadi kecelakaan. Hal ini menjadikan pemanduan di wilayah Selat Malaka menjadi sangat penting terutama dalam menjamin keselamatan pelayaran bagi kapal-kapal yang berlayar serta menjaga kedaulatan wilayah Indonesia.

Adapun kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi SDM dalam komunikasi pelayaran, khususnya Maritime English, serta kompetensi pandu yang beroperasional dalam pelayanan pemanduan di Selat Malaka dan Singapura sekaligus marine services ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu tanggal 8-9 Maret 2021 di Grha Pelindo Satu, Medan dengan jumlah peserta 56 orang yang dibagi dalam dua sesi.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan  R. Agus H. Purnomo mengharapkan, kemampuan personil pandu dan kru lainnya dalam Bahasa Inggris kembali diasah sehingga memperkini kemampuan bahasa dan mengikuti perkembangan baru dengan pengetahuan level yang sama.

"Kemampuan Bahasa Inggris sangat efektif dalam mendukung keselamatan dan keamanan dalam dunia pelayaran karena hal ini dibutuhkan dalam koordinasi. Peningkatan kompetensi SDM ini tentu dapat mendukung peningkatkan pelayanan keselamatan dan keamanan perlindungan maritim,” jelas Agus.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN