Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kegiatan bongkar muat di terminal peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta. Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Kegiatan bongkar muat di terminal peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta. Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Pelindo II Siap Wujudkan Pelabuhan Bebas Pungli

Selasa, 15 Juni 2021 | 14:02 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

Jakarta, investor.id-PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II/IPC Group) bersinergi dengan pemangku kepentingan (stakeholders) kepelabuhanan dalam mewujudkan pelabuhan bersih atau bebas pungutan liar (pungli). Stakeholders tersebut antara lain Kantor Otoritas Pelabuhan (OP) Tanjung Priok, Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, dan Polres Pelabuhan Tanjung Priok.

Sinergi tersebut akan tidak hanya untuk memberantas serta menjadikan lingkungan pelabuhan bebas dari praktik pungli tetapi juga memastikan kelancaran dan keamanan kegiatan operasional di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Direktur Utama Pelindo II Arif Suhartono menyampaikan, menindaklanjuti instruksi Presiden RI Joko Widodo pada saat melakukan kunjungan lapangan ke Pelabuhan Tanjung Priok terkait isu pungli, pihaknya telah melakukan tindakan berupa pemberian sosialisasi dan pengawasan di lapangan secara berkesinambungan mengenai larangan praktik pungli di seluruh lingkungan kerja IPC Group.

“Kami mendukung penuh pemerintah dan pihak berwajib untuk menindak tegas para oknum yang tidak bertanggung jawab dalam rangka pemberantasan pungli di seluruh pelabuhan yang dikelola IPC, khususnya Pelabuhan Tanjung Priok,” ujar Arif Suhartono dalam keterangan resmi, Selasa (15/6). IPC menjamin seluruh kegiatan operasional kepelabuhanan berjalan nonstop 24/7 sesuai service level agreement (SLA) dan service level guarantee (SLG) terminal yang telah ditetapkan.

Sebagai tambahan, IPC juga menugaskan segenap anggota pengamanan untuk memastikan sopir truk agar tidak memberikan uang apapun selama proses keluar masuk barang di terminal dan memaksimalkan penggunaan cashless payment dalam setiap pelayanan. “Dalam hal ini, kami terus mengupayakan implementasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) ISO 37001:2016 di seluruh wilayah operasi IPC Group, juga mengoptimalkan fungsi layanan saluran pengaduan Whistle Blowing System (WBS),” jelas Arif.

 

 

 

 

Editor : Tri Listiyarini (tri_listiyarini@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN