Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Pembahasan RUU Cipta Kerja Sudah 90%

Selasa, 15 September 2020 | 19:26 WIB
Triyan Pangastuti

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengklaim pembahasan Rancangan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja (RUU Cipta Kerja) sudah mencapai 90%.

"Ini sudah kami lakukan pembahasan. Sampai sekarang sudah 90 persen dibahas," ujar Airlangga saat membuka Sarahsehan Virtual Selasa (15/9).

Ia mengatakan bahwa sejumlah klaster isu strategis dalam RUU Cipta Kerja telah dibahas seperti sovereign wealth fund, terkait tenaga kerja, kepastian hukum, UMKM dan koperasi.

“Ini hampir seluruhnya sudah mendapatkan persetujuan konsensus dengan partai politik”tuturnya.

Sementara itu,  sisanya 10% lagi dari RUU Cipta Kerja tersebut, yakni tengah dilakukan finalisasi produk hukum yang akan diberlakukan. Di antaranya harmonisasi dan sinkronisasi pasal-pasal dalam aturan tersebut.

"Sekarang tinggal finalisasi legal drafting, atau sering kita bahas harmonisasi pasal-pasal krusial dan sinkronisasi dan perumusan," tuturnya.

RUU Ciptaker merevisi 79 Undang-undang dengan 1.239 pasal yang ada di dalamnya, berisikan 15 Bab dan 174 Pasal, dan fokus pada 11 klaster. Ke-11 klaster tersebut meliputi Penyederhanaan Perizinan; Persyaratan Investasi; Ketenagakerjaan; Kemudahan Berusaha; Kemudahan, Pemberdayaan dan Perlindungan UMKM; Dukungan Riset dan Inovasi; Administrasi Pemerintahan; Pengenaan Sanksi; Pengadaan Lahan; Kemudahan Investasi dan Proyek Pemerintah, dan Kawasan Ekonomi.

 

Editor : Hari Gunarto (hari_gunarto@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN