Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
industri manufaktur

industri manufaktur

Pemerintah Andalkan Investasi untuk Capai Pertumbuhan Ekonomi 6%

Minggu, 15 Desember 2019 | 23:34 WIB
Arnoldus Kristianus (arnoldus.kristianus@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id – Pemerintah menilai, ada sejumlah komponen yang harus didorong untuk mencapai pertumbuhan ekonomi 6%. Sementara dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 pemerintah memiliki tiga skenario pertumbuhan ekonomi yaitu 5,4%, 5,7%, dan 6% sebagai scenario paling optimistis.

“Kami sudah memperhitungkan upaya untuk tumbuh 6%. Pertumbuhan bisa kita lihat dari kondisi penerimaan dan produksi,” ujar Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Kementerian PPN/Bappenas Arifin Rudiyanto dalam media briefing di Jakarta, pada Minggu (15/12) malam.

Untuk mencapai pertumbuhan itu, lajut dia, pemerintah mengandalkan investasi di sektor manufaktur setelah melihat pengaruh yang besar terhadap perekonomian. Investasi sektor ini memiliki nilai tambah besar, di antaranya berupa lapangan kerja baru dan perekonomian domestik yang tumbuh lebih tinggi.

"Rumusnya, pertumbuhan adalah fungsi dari konsumsi, investasi pemerintah, investasi, dan ekspor impor," ucap Rudi.

Pada saat yang sama, lanjut dia, fungsi fiskal terus didorong agar bisa menjadi stimulus melalui kebijakan yang pro investasi bagi industri manufaktur. Sektor pariwisata juga akan diperbaiki untuk meningkatkan devisa. Semua ini dimaksudkan untuk mengurangi jumlah defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD).

“Langkah pertama kita adalah setelah RPJMN ada yaitu memastikan agar bisa masuk dalam seluruh rencana strategis kementerian dan lembaga,” ucap Rudi.

 

Editor : Nasori (nasori@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN