Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pemda untuk segera melakukan penghunian terhadap rumah susun sewa (Rusunawa) yang telah selesai dibangun

Pemda untuk segera melakukan penghunian terhadap rumah susun sewa (Rusunawa) yang telah selesai dibangun

Pemerintah Minta Pemda Segera Lakukan Penghunian Rusunawa

Imam Mudzakir, Rabu, 18 Desember 2019 | 16:24 WIB

JAKARTA, investor.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meminta pemerintah daerah (Pemda) untuk segera melakukan penghunian terhadap rumah susun sewa (Rusunawa) yang telah selesai dibangun. Penghunian Rusunawa diharapkan dapat membantu masyarakat untuk dapat tinggal di hunian yang layak huni serta memaksimalkan pemanfaatan bangunan vertikal tersebut.

“Kami harap Pemda bisa segera melakukan penghunian Rusunawa jika memang bangunan tersebut telah selesai. Kami akan mengeluarkan surat penghunian sementara jika memang Pemda sudah mengkoordinir calon penghuni Rusunawa tersebut,” ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, dalam publikasinya, di Jakarta, Rabu (18/12)

Menurut Khalawi, Rusunawa yang dibangun Kementerian PUPR diperuntukkan bagi masyarakat yang belum memiliki rumah yang layak huni. Adapun lahan untuk lokasi pembangunan bangunan vertikal tersebut berasal dari pemerintah daerah.

Pembangunan Rusunawa, kata Khalawi, merupakan upaya pemerintah guna mengantisipasi semakin terbatasnya lahan untuk perumahan masyarakat. Rusunawa dibangun di berbagai kota besar di Indonesia karena memang harga lahan yang ada untuk perumahan semakin meningkat.

Khalawi juga berharap Pemda dapat memberikan kemudahan perijinan dalam peroses pembangunan Rusunawa.

Selain itu, Pemda juga dapat melengkapi Surat Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) dan membuat pengelola guna mengkoordinir masyarakat khususnya mereka yang belum memiliki rumah agar bisa menempati Rusunawa tersebut.

“Kami harap Pemda juga pro aktif jika ada Rusunawa di daerah sudah selesai dibangun harus bisa segera dimanfaatkan atau dihuni,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Siak H Alfedri menyampaikan, Pemerintah Kabupaten juga telah mendapatkan bantuan Rusunawa dari Kementerian PUPR pada tahun 2018 lalu. Rusunawa yang dibangun di Kampung Pinang Sebatang, Kecamatan Tualang kini telah siap untuk di huni oleh masyarakat yang belum memiliki tempat tinggal.

“Waktu itu peresmian Rusunawa ini sempat tertunda. Kami harap Kementerian PUPR bisa segera melakukan serah terima pengelolaan Rusunawa tersebut agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” jelasnya.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA