Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Airlangga Hartarto. Foto: IST

Airlangga Hartarto. Foto: IST

Pemerintah Siap Belanjakan Rp 800 Triliun Setiap Kuartal

Rabu, 5 Agustus 2020 | 21:19 WIB
Triyan Pangastuti

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto  mengatakan pemerintah perlu membelanjakan anggaran sebesar Rp 800 triliun per kuartal untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi.

Ia mengatakan keperluan anggaran per kuartal tersebut untuk mengakselerasi program bantuan sosial tunai dan nontunai. Dengan tujuan, agar daya beli bisa meningkat kembali dan untuk mempersempit ruang gap pertumbuhan negatif.

"Dari segi ekonomi dibutuhkan per kuartal minimal Rp 800 triliun yang dibelanjakan ke berbagai sektor," ungkap Airlangga saat konferensi pers virtual, Rabu (5/8/2020).

Kendati begitu, ia enggan menjelaskan lebih rinci proyeksi kinerja pertumbuhan ekonomi yang didapatkan jika pemerintah menggenjot belanja per kuartal senilai Rp 800 triliun.

Disisi lain, Airlangga mengatakan, pertaruhan kinerja pertumbuhan ekonomi tahun ini akan berada pada kinerja kuartal III. Dia menilai pada kuartal III sudah mulai ada pembalikan dan perbaikan yang tercermin dari berbagai indikator seperti kenaikan indeks manufaktur,  penjualan ritel, indeks keyakinan konsumen, dan dunia usaha sudah mulai mengalami perbaikan.

Selain itu, ia mengatakan, pengungkit ekonomi tahun ini juga akan berasal dari stimulus program penanganan Covid-19 dan program pemulihan ekonomi nasional yang digelontorkan pemerintah sebesar Rp 695,2 triliun.

Dari jumlah itu, hingga Rabu (5/8) sudah terealisasi 22,4% atau setara dengan Rp 155,7 triliun.


 

 

Editor : Hari Gunarto (hari_gunarto@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN