Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi Kamar Hotel. (ist)

Ilustrasi Kamar Hotel. (ist)

Pemerintah Siapkan Insentif Fiskal untuk Hotel, Restoran dan Kafe

Senin, 1 Maret 2021 | 21:32 WIB
Triyan Pangastuti

JAKARTA, Investor.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah tengah mengkaji secara detail terkait rencana untuk memberikan insentif fiskal kepada industri hotel, restoran, dan kafe (Horeka). 

Rencana pemberian insentif fiskal di sektor tersebut karena industri Horeka belum sepenuhnya pulih di tahun ini, mengingat kasus Covid-19 yang masih meningkat.

“Kami sedang dalami kembali. Kemarin kami bicarakan dengan Menteri Pariwisata (Menpar). Kami formulasikan, nanti tentu akan dibahas dengan Menkeu dan tentu sekarang belum bisa publish apa yang dilakukan,” kata Airlangga saat Konferensi Pers Pemberian Insentif Kendaraan Bermotor dan Perumahan, Senin (1/3).

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa pemerintah sudah memberikan stimulus bagi sektor hotel di tahun lalu dengan meningkatkan demand melalui belanja pemerintah. Beberapa hotel di beberapa kota digunakan untuk penginapan tenaga kesehatan yang menangani pandemi Covid-19.  

“Paling tidak mengisi hotel-hotel karena adanya penurunan wisatawan domestik dan wisatawan luar negeri yang tidak datang,” tuturnya.

Ia mengatakan bahwa dana alokasi khusus (DAK) yang sudah diberikan selama 2020 akan kembali diformulasikan berdasarkan survei dan ide Menparekraf baru, Sandiaga Uno. Kendati begitu, ia enggan menjelaskan lebih detail rancangan  insentif yang akan diberikan pemerintah untuk sektor hotel, restoran dan kafe.

“Nanti kita akan lihat. Tapi terus terang kita memang akan terus melihat basisnya adalah data dan desain dari kebijakan,” ujarnya.

Editor : Totok Subagyo (totok_hs@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN