Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menkeu Sri Mulyani

Menkeu Sri Mulyani

Pemerintah Siapkan PP Perlakuan Perpajakan untuk LPI

Senin, 25 Januari 2021 | 19:10 WIB
Arnoldus Kristianus (arnoldus.kristianus@beritasatumedia.com)

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan sedang menyiapkan Rancangan Peraturan  Pemerintah (RPP) tentang perlakuan perpajakan  dalam pelaksanaan kegiatan Lembaga Pembiayaan Investasi (LPI). Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan minat investor dalam menanamkan modal di Indonesia.

“Spiritnya adalah LPI yang dapat melakukan transaksi baik langsung maupun tidak langsung dengan entitas yang dimiliki,” ucap Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat rapat kerja dengan Komisi XI DPR, di Jakarta, Senin (25/1).

Dalam pendirian LPI akan ada tiga Peraturan Pemerintah (PP) yaitu  PP 73 Tahun 2020 tentang Modal LPI.  PP 74 Tahun 2020 tentang Tata Kelola LPI, dan PP tentang perlakukan perpajakan  Dalam hal ini perlakuan perpajakan yang menjadi implikasi dari transaksi  perlu untuk dibangun, sehingga LPI memiliki daya tarik.

Sri Mulyani mengatakan LPI harus menjaga keseimbangan antara di satu sisi adalah sebagai lembaga baru yang perlu membangun reputasi, tetapi di sisi lain juga tetap mencoba untuk mengikuti tata kelola yang baik, termasuk kewajiban perpajakan.

 “Kami memang akan memberikan berbagai dukungan agar modal dan cadangan modalnya nanti akan terus meningkat pada satu level tertentu,” ucap Sri Mulyani.

Ia mengatakan, kehadiran LPI nantinya diharapkan memberi dampak ekonomi, manfaat sosial, dan manfaat lainnya.  Dampak lain yang diharapkan adalah memperoleh keuntungan dan menyelenggarakan  kemanfaatan umum dalam bentuk penciptaan kesempatan kerja. “Lembaga tersebut diharapkan  memberikan kontribusi perkembangan perekonomian nasional pada umumnya dan penerimaan negara pada khususnya,” ucap Sri Mulyani.

LPI diharapkan mampu menarik minat investor sehingga Indonesia bisa meningkatkan jumlah investasi langsung asing (Foreign Direct Investment/FDI).  Lembaga tersebut juga dirancang untuk memiliki independensi kuat serta manajemen yang profesional.

“Target dari LPI adalah bagaimana mengoptimalkan nilai investasi pemerintah pusat meningkatkan FDI  dan sekaligus mendorong perbaikan iklim investasi,” ucapnya.

 

Editor : Hari Gunarto (hari_gunarto@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN